PENGARUH TAX AVOIDANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP FIRM VALUE DENGAN TRANSPARANSI INFORMASI DAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Emiten di BEI)

PUTRO, Heidy Arvito Nugraha and ZULAIKHA, Zulaikha,(30 December 2021), PENGARUH TAX AVOIDANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP FIRM VALUE DENGAN TRANSPARANSI INFORMASI DAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Emiten di BEI). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (40kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (9kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (10kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (57kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (112kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (981kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh Penghindaran Pajak dan Tanggung Jawab Sosal Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan, dengan Transparansi Informasi dan Profitabilitas sebagai variabel moderasi. Penelitian menggunakan variabel bebas nilai perusahaan yang diproksi dengan Tobin's Q, dan dua variabel independen yaitu Penghindaran Pajak yang diukur diproksi dengan Effective Tax Rate (ETR) dan Corporate Social Responsisbility (CSR) yang diukur dengan Global Report Initiative (GRI) G4. Variabel Transparansi Informasi diukur dengan Voluntary Disclosure dan Profitabilitas diukur dengan Return On Assets. Populasi penelitian 221 perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2015 hingga 2019. Menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu diperoleh 151 sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan antara penghindaran pajak terhadap nilai perusahaan, dan CSR memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Pada variabel moderasi profitabilitas dapat memperkuat hubungan CSR terhadap nilai perusahaan, sedangkan transparansi informasi tidak mempengaruhi hubungan moderasi antara penghindaran pajak terhadap nilai perusahaan. Kesimpulannya CSR berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan diperkuat profitabilitas.
Keywords : Firm value, tax avoidance, Corporate social responsibility, Information transparancy, profitability, Nilai perusahaan, penghindaran pajak, tanggung jawab sosial perusahaan, transparansi informasi, profitabilitas
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: ARVITO NUGROHO PUTRO HEIDY
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:54
Last Modified: 07 Jan 2022 04:04
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10029

Actions (login required)

View Item
View Item