PUTRO, Heidy Arvito Nugraha and ZULAIKHA, Zulaikha,(30 December 2021), PENGARUH TAX AVOIDANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP FIRM VALUE DENGAN TRANSPARANSI INFORMASI DAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Emiten di BEI). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (40kB)
Download (40kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (9kB)
Download (9kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (10kB)
Download (10kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (57kB)
Download (57kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (112kB)
Download (112kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (981kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (981kB) | Request a copy
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh Penghindaran Pajak dan Tanggung Jawab Sosal Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan, dengan Transparansi Informasi dan Profitabilitas sebagai variabel moderasi. Penelitian menggunakan variabel bebas nilai perusahaan yang diproksi dengan Tobin's Q, dan dua variabel independen yaitu Penghindaran Pajak yang diukur diproksi dengan Effective Tax Rate (ETR) dan Corporate Social Responsisbility (CSR) yang diukur dengan Global Report Initiative (GRI) G4. Variabel Transparansi Informasi diukur dengan Voluntary Disclosure dan Profitabilitas diukur dengan Return On Assets.
Populasi penelitian 221 perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2015 hingga 2019. Menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu diperoleh 151 sampel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan antara penghindaran pajak terhadap nilai perusahaan, dan CSR memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Pada variabel moderasi profitabilitas dapat memperkuat hubungan CSR terhadap nilai perusahaan, sedangkan transparansi informasi tidak mempengaruhi hubungan moderasi antara penghindaran pajak terhadap nilai perusahaan. Kesimpulannya CSR berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan diperkuat profitabilitas.
Keywords : | Firm value, tax avoidance, Corporate social responsibility, Information transparancy, profitability, Nilai perusahaan, penghindaran pajak, tanggung jawab sosial perusahaan, transparansi informasi, profitabilitas |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | ARVITO NUGROHO PUTRO HEIDY |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 03:54 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 04:04 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10029 |