ANALISIS KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT TERHADAP PELANGGARAN PERATURAN PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN GO PUBLIK DI INDONESIA (Studi Empiris Pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)

HASANAH, Riza and SUDARNO, Sudarno,(9 July 2019), ANALISIS KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT TERHADAP PELANGGARAN PERATURAN PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN GO PUBLIK DI INDONESIA (Studi Empiris Pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (14kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (13kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (135kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (474kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis karakteristik komite audit terhadap pelanggaran peraturan pelaporan keuangan pada perusahaan go publik di Indonesia. Variabel karakteristik komite audit yang digunakan dalam penelitian ini adalah independensi anggota komite audit, keahlian komite audit, frekuensi pertemuan komite audit, dan ukuran komite audit. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan dari daftar kasus yang dikenai sanksi Otoritas jasa Keuangan (OJK) atas kategori peringatan VIII.G.7 mengenai penyajian laporan keuangan pada tahun 2012-2016. Berdasarkan metode purposive sampling yang digunakan, pada akhirnya terdapat 219 sampel penelitian yang terdiri dari 17 sampel perusahaan yang terlibat kecurangan pelaporan keuangan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan alat analisis regresi logistik. Hasil analisis memberikan bukti bahwa independensi anggota komite audit berpengaruh negatif terhadap pelanggaran peraturan pelaporan keuangan, frekuensi pertemuan komite audit berpengaruh negatif terhadap pelanggaran peraturan pelaporan keuangan, sedangkan keahlian komite audit dan ukuran komite audit berpengaruh positif terhadap pelanggaran peraturan pelaporan keuangan.
Keywords : Violations of financial reporting regulations, independence of committee members. audit, audit committee expertise, frequency of audit committee meetings, size of the audit committee., Pelanggaran peraturan pelaporan keuangan, independensi anggota komite. audit, keahlian komite audit, frekuensi pertemuan komite audit, ukuran komite audit.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:17
Last Modified: 18 Jan 2022 07:17
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10090

Actions (login required)

View Item
View Item