ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KORUPSI PADA PEMERINTAH DAERAH DI JAWA TENGAH MENGGUNAKAN TEORI FRAUD TRIANGLE

WICAKSONO, Gilang Satryo and PRABOWO, Tri Jatmiko Wahyu,(24 December 2021), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KORUPSI PADA PEMERINTAH DAERAH DI JAWA TENGAH MENGGUNAKAN TEORI FRAUD TRIANGLE. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (52kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (127kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (131kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (222kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (142kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kasus korupsi yang terjadi semakin meningkat di Indonesia dari tahun ke tahun, termasuk pada pemerintahan daerah. berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah terjadinya korupsi, namun masih banyak terjadi kasus korupsi pada pemerintah daerah di Jawa Tengah. Teori fraud triangle digunakan untuk mengetahui penyebab terjadinya korupsi, yang terdiri dari tekanan, peluang, dan rasionalisasi. Penelitan ini bertujuan untuk menganalis faktor-faktor penyebab korupsi pada pemerintah daerah di Jawa Tengah menggunakan teori fraud triangle yang diproksikan menggunakan variabel kinerja keuangan daerah, pendapatan daerah, belanja modal daerah, kemampuan audit internal, opini audit, dan belanja pegawai daerah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode pengambilan sampel purposive sampling menggunakan data sekunder. Sampel pada penelitian ini adalah pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota pada Provinsi Jawa Tengah tahun anggaran 2015 – 2019 yang terdapat kasus korupsi dan telah diputuskan pengadilan tingkat pertama, telah diaudit oleh BPK, memiliki penilaian Kapabilitas APIP, dan memiliki kelengkapan LKPD. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS dengan metode regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan kinerja keuangan daerah, pendapatan daerah, dan kemampuan audit internal tidak berpengaruh terhadap korupsi, belanja modal daerah dan belanja pegawai daerah berpengaruh positif signifikan terhadap korupsi, dan opini audit berpengaruh negatif signifikan terhadap korupsi.
Keywords : corruption, fraud triangle, regional financial performance, regional income, regional capital expenditure, internal audit capability, audit opinion, regional personnel expenditure, Central Java., korupsi, fraud triangle, kinerja keuangan daerah, pendapatan daerah, belanja modal daerah, kemampuan audit interal, opini audit, belanja pegawai daerah, Jawa Tengah.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Gilang Satryo Wicaksono
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:15
Last Modified: 19 Jan 2022 07:16
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10103

Actions (login required)

View Item
View Item