TRANSAKSI PIHAK-PIHAK BERELASI, TATA KELOLA PERUSAHAAN, DAN KINERJA PERUSAHAAN

SAFITRI, Anni and FAISAL, Faisal,(16 June 2020), TRANSAKSI PIHAK-PIHAK BERELASI, TATA KELOLA PERUSAHAAN, DAN KINERJA PERUSAHAAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (34kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (13kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (14kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (20kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (268kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh transaksi pihak-pihak berelasi, terhadap kinerja perusahaan, dan juga menyelidiki efek moderasi tata kelola perusahaan pada hubungan antara transaksi pihak-pihak berelasi dengan kinerja perusahaan. Sampel pada penelitian ini menggunakan seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan sampel perusahaan yang masuk dalam indeks CGPI di sektor keuangan periode 2016-2018 dengan jumlah sampel 66 perusahaan. Variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu transaksi pihak-pihak berelasi (RPT) yang diproksikan dengan menggunakan pendapatan pihak-pihak berelasi (Related Party Revenue), tata kelola perusahaan diproksikan dengan CGPI (Corporate Governance Perception Index), kinerja perusahaan yang menggunakan proksi Return On Assets (ROA). Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linear berganda (MRA) yang berfungsi untuk mengetahui pengaruh antara transaksi pihak-pihak berelasi terhadap kinerja perusahaan dengan tata kelola perusahaan sebagai variable moderasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa transaksi pihak-pihak berelasi (RPT) berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan. Transaksi pihak-pihak berelasi (RPT) berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan dapat dibuktikan secara empiris melalui hasil pengujian regresi linier berganda. Penelitian ini juga memberi informasi bahwa tata kelola perusahaan yang diproksikan menggunakan CGPI tidak mampu memperlemah pengaruh negative transaksi pihak-pihak berelasi (RPT) terhadap kinerja perusahaan.
Keywords : Related Party Transactions, Corporate Governance, and Firm Performance., Transaksi Pihak-Pihak Berelasi, Tata Kelola Perusahaan, dan Kinerja Perusahaan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:19
Last Modified: 21 Jan 2022 03:19
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10114

Actions (login required)

View Item
View Item