PRASETYAHANI, Dimas and PERDHANA, Mirwan Surya,(November 2021), STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS RENTAL MOBIL DI PT. PERDANA SATRIA TRANS (PERDANA RENT CAR) DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (211kB)
Download (211kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (316kB)
Download (316kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (205kB)
Download (205kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (212kB)
Download (212kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (326kB)
Download (326kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis formulasi Business Model
Canvas pada PT. Perdana Satria Trans (Perdana Rent Car). Dan juga mencari tahu
inovasi BMC yang dilakukan PT. Perdana Satria Trans (Perdana Rent Car)
menggunakan analisis SWOT efektif di wilayah Jawa Tengah.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Informan dalam
penelitian ini adalah pimpinan dan manajemen PT. Perdana Satria Trans (Perdana
Rent Car). Pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumentasi.
Analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer segmentsPT. Perdana Satria
Trans (Perdana Rent Car)terdiri dari masyarakat lokal tidak memiliki mobil,
wisatawan domestik maupun internasional yang sedang berkunjung ke Kabupaten
Banyumas serta instansi, lembaga, atau bisnis yang membutuhkan armada. Value
propositions terdiri dari armada terawat, bersih, sehat, dan terbaru; memiliki istem
sewa mudah dan metode antar jemput, harga yang terjangkau serta armada full
asuransi dan pajak hidup.Channel terdiri dari website resmi, media sosial, iklan
cetak dan elektronik, tersedia di aplikasi travel dan anggota paguyuban rental
mobil.Customer relationships dengan memiliki database konsumen dan
mengirimkan promo.Revenue streams terdiri dari kegiatan sewa menyewa
kendaraan, penarikan komisi dari transaksi kerja dengan perusahaan sewa mobil
lain.Key resources yaitu sumber daya fisik, sumber daya manusia, uang perusahaan
dan aset intelektual.Key activities yaitu menyewakan kendaraan, merawat
kendaraan dan kerja sama dengan instansi, biro tur dan travel, perusahaan
travel.Key partnership dengan paguyuban rental mobil Banyumas, penyedia jasa
aplikasi travel, biro pariwisata tur dan travel lokal serta instansi, perusahaan lain,
perusahaan travel. Dan cost structureperusahaan terdiri dari fixed cost dan variable
cost. Inovasi bisnis pada sembilan elemen BMCmenggunakan analisis SWOT yang
dilakukan PT. Perdana Satria Trans (Perdana Rent Car)terdiri dari empat strategi.
Strategi SO dan WO dapat dilakukan pada elemen customer segments, value
propositions, channel, customer relationships, revenue streams, key resources, key
activities, key partnership dan cost structure. Strategi ST dapat diterapkan pada
elemen value propositions dan revenue streams. Strategi WT dapat diterapkan pada
elemen customer segmentsdan value propositions milik PT. Perdana Satria Trans
(Perdana Rent Car)
Keywords : | Business Model Canvas, Car Rental Business, SWOT Analysis, Bussines Model Canvas, Bisnis Rental Mobil, Analisis SWOT |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Rifqi Abdi Farhan |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 02:40 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 08:06 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10136 |