FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KUALITAS AUDIT : STUDI PADA AUDITOR INSPEKTORAT DAERAH DI GORONTALO

HUNTOYUNGO, Sitti Badriyah and ISGIYARTA, Jaka and ZULAIKHA, Zulaikha,(29 August 2009), FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KUALITAS AUDIT : STUDI PADA AUDITOR INSPEKTORAT DAERAH DI GORONTALO. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (22kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (9kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (107kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (126kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (436kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh keahlian auditor, independensi, dan kecermatan dan keseksamaan terhadap kualitas audit. Permasalahan umum dalam penelitian ini adalah pentingnya peran dan fungsi Inspektorat Daerah dalam mendukung terciptanya good governance dan terwujudnya akuntabilitas publik yang belum diimbangi dengan kualitas audit yang baik. Populasi penelitian ini adalah auditor Inspektorat Daerah se Provinsi Gorontalo sejumlah 56 responden. Analisis Regressi yang dijalankan dengan perangkat lunak Statistical Product and Service Solution (SPSS) yang digunakan untuk menganalisis data. Sebelum melakukan uji hipotesis, dilakukan pengujian asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas, kemudian dilakukan uji hipotesis melalui uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keahlian auditor dan independensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit, sedangkan variabel kecermatan dan keseksamaan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas audit. Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa secara bersama-sama keahlian audit, independensi dan kecermatan dan keseksamaan memberikan sumbangan terhadap variabel dependen (kualitas audit) sebesar 43,7%, sedangkan sisanya 52,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model. Implikasi temuan penelitian ini bagi auditor Insepektorat Daerah adalah auditor perlu berusaha meningkatkan keahlian audit dan independensinya semaksimal mungkin sehingga dapat meningkatkan kualitas audit yang dilaksanakannya. Lebih jauh penelitian ini menganjurkan agar auditor berusaha untuk senantiasa memperbaharui pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya terutama dalam audit pemerintahan, sehingga dapat mengetahui berbagai masalah secara lebih mendalam. Selain itu auditor akan lebih mudah dalam mengikuti perkembangan yang semakin kompleks.
Keywords : Quality of Audit, Expertise of Auditor, Independency, and Due Professional Care, Kualitas audit, Keahlian auditor, independensi, dan Kecermatan dan keseksamaan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:31
Last Modified: 26 Jan 2022 06:31
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10144

Actions (login required)

View Item
View Item