PENGARUH INDEPENDENSI, KOMPETENSI, DAN PENGALAMAN KERJA AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS AUDIT INTERNAL (Perspektif Auditee pada Universitas Negeri Semarang sebagai PTN Badan Layanan Umum)

WAHYUNINGSIH, Nining and GHOZALI, Imam and ROHMAN, Abdul,(11 January 2010), PENGARUH INDEPENDENSI, KOMPETENSI, DAN PENGALAMAN KERJA AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS AUDIT INTERNAL (Perspektif Auditee pada Universitas Negeri Semarang sebagai PTN Badan Layanan Umum). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (14kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (117kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (20kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (148kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (247kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perpepsi pejabat struktural unnes tentang pengaruh independensi, kompetensi, dan pengalaman kerja auditor internal terhadap kualitas audit internal pada Universitas Negeri Semarang. Permasalahan umum dalam penelitian ini adalah pentingnya peran auditor internal Universitas Negeri Semarang untuk mendukung terciptanya pemerintahan yang baik/good governance dan terwujudnya akuntabilitas publik yang belum diimbangi dengan kualitas audit internal yang baik. Populasi penelitian ini adalah pejabat strukural Universitas Negeri Semarang yang berjumlah 103 responden, metode sampling menggunakan purposive sampling, sedangkan sampel yang memenuhi kriteria berjumlah 52 responden. Alat analisis data menggunakan regresi yang diolah dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS). Kuesioner di uji dengan uji reliabelitas dan uji validitas, selanjutnya dilakukan pengujian asumsi klasik meliputi uji multikolinearitas, uji normalitas dan uji heteroskedastisitas. Kemudian uji hipotesis dilakukan dengan uji F dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independensi dan variabel pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit internal, sedangkan variabel kompetensi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas audit internal. Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa secara bersama-sama bahwa variabel independensi, kompetensi dan pengalaman kerja auditor internal berpengaruh terhadap kualitas audit internal sebesar 56,9% sedangkan sisanya sebesar 43,1 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Implikasi temuan penelitian bagi auditot internal unnes adalah auditor internal perlu berusaha meningkatkan independensi, kompetensi serta jam terbangnya sehingga dapat meningkatkan kualitas auditnya. Selanjutnya saran yang dapat diberikan bagi auditor internal adalah senantiasa memperdalam pengetahuan/memperbanyak mengikuti pelatihan sehingga pengalamanpun menjadi semakin bertambah sehingga audit yang dilakukan semakin berkualitas.
Keywords : Internal Audit Quality, Independence, Competence and Work Experience., Kualitas audit internal, independensi, kompetensi dan pengalaman kerja.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 27 Jan 2022 02:00
Last Modified: 27 Jan 2022 02:00
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10147

Actions (login required)

View Item
View Item