ANINDITO, Ronaldo and IDRIS, Idris,(December 2019), ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA TOKO TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KONSUMEN INDOMARET DI SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (154kB)
Download (154kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (132kB)
Download (132kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (114kB)
Download (114kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (131kB)
Download (131kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (138kB)
Download (138kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan bisnis ritel di Indonesia semakin pesat dan modern, karena
dipengaruhi oleh perubahan gaya hidup dan perilaku konsumen yang mulai beralih
dari pasar tradisional ke pasar modern. Minimarket mampu menawarkan
kelengkapan, keterjangkauan harga, dan kualitas yang terjamin yang menandakan
keberhasilan dari bisnis ritel ini. Begitu pula dengan Indomaret terus berinovasi
untuk meningkatkan omzet penjualan dan top brand index dengan cara
memperbanyak jumlah gerainya. Namun bertolak belakang dengan inisiatif yang
dilakukan dengan Indomaret, peningkatan jumlah gerai tersebut tidak diikuti
dengan peningkatan jumlah omzetnya.
Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk
melakukan analisis pengaruh dari kualitas layanan dan citra toko terhadap loyalitas
pelanggan melalui kepuasan pelanggan di Indomaret. Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pelanggan Indomaret di Semarang dan sudah pernah
berbelanja lebih dari 2 kali. Jumlah sampel yang digunakan adalah 130 responden.
Teknik pengumpulan sampel menggunakan Purposive Sampling. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan studi kepustakaan.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM)
dengan menggunakan alat analisis AMOS 23.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, citra toko berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan konsumen, kepuasan pelanggan berpengaruh positif
tetapi tidak signifikan, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan dan citra toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan.
Keywords : | Service quality, brand image, customer satisfaction, customer loyalty, Kualitas Layanan, Citra Toko, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 03:50 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 03:50 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10149 |