PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, OPINI AUDIT DAN UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK TERHADAP AUDIT DELAY (Kajian pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019)

WIDYASTUTI, Tri and ZULAIKHA, Zulaikha,(11 January 2022), PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, OPINI AUDIT DAN UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK TERHADAP AUDIT DELAY (Kajian pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, opini audit dan ukuran KAP terhadap audit delay. Variabel independen pada penelitian ini adalah profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, opini audit dan ukuran KAP. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah audit delay. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Data yang dipakai dalam penelitian ini bersumber dari laporan keuangan dari perusahaan yang terdaftar di BEI dan di publikasikan oleh BEI di dalam website www.idx.co.id . Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 164 perusahaan yang tercatat secara konsisten di Bursa Efek Indoensia (BEI) pada periode 2016-2019. Penelitian ini menggunakan uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa selama periode pengamatan; Profitabilitas, Opini Audit, dan Ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP) berpengaruh negatif signifikan terhadap audit delay, sedangkan Solvabilitas yang diproksi dengan Debt to Total Assets Ratio, dan Ukuran Perusahaaan tidak berpengaruh signifikan. Hasil ini mempunyai makna bahwa perusahaan yang mengalami good news (profitable dan mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian) lebih cepat dalam mempublikasikan laporan keuangannya. Demikian pula Ukuran KAP, bahwa Kantor Akuntan Publik dari the Big Four relatif juga lebih lebih singkat audit delay period nya.
Keywords : Profitability, Solvency, Firm Size, Audit Opinion, KAP Size, Audit Delay., Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, Opini Audit, Ukuran KAP, Audit Delay.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: tri widyastuti
Date Deposited: 02 Feb 2022 07:38
Last Modified: 02 Feb 2022 07:38
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10169

Actions (login required)

View Item
View Item