PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL, KEPEMILIKAN KELUARGA DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019)

MAWADDAH, Shaffi Zahrotul and DARSONO, Darsono,(11 January 2022), PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL, KEPEMILIKAN KELUARGA DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (212kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (449kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (351kB)
[thumbnail of Fulltext PDFBookmarks] Text (Fulltext PDFBookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengendalian internal, kepemilikan keluarga dan ketidakpastian lingkungan terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Penghindaran pajak merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk meminimalisisr beban pajak. Banyak faktor yang mempengaruhi penghindaran pajak, antara lain pengendalian internal, kepemilikan keluarga, dan ketidakpastian lingkungan yang digunakan dalam penelitian ini karena ditemukannya hasil yang masih beragam dari penelitian-penelitian sebelumnya. Dalam penelitian ini digunakan teori agensi untuk merumuskan ketiga hipotesis yang akan mengarah pada hasil analisis. Ketiga hipotesis dalam penelitian ini masing-masing ingin menunjukkan arah pengaruh baik positif atau negatif dari masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Populasi pada penelitian ini adalah 507 observasi pada perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI pada tahun 2017-2019. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu, dan diperoleh sebanyak 219 observasi pada perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria. Hasil analisis menunjukkan bahwa penghindaran pajak dan ketidakpastian lingkungan berpengaruh negatif, sedangkan kepemilikan keluarga tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak.
Keywords : internal control, family ownership, environmental uncertainty, tax avoidance, and agency theory., pengendalian internal, kepemilikan kelurga, ketidakpastian lingkungan, penghindaran pajak, dan teori keagenan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Shaffi Zahrotul Mawaddah
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:01
Last Modified: 07 Feb 2022 03:01
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10197

Actions (login required)

View Item
View Item