PERMATA, Viasti Intan and DWIYANTO, Bambang Munas,(August 2020), Peningkatan Kualitas Restoran dengan Pendekatan Quality Function Deployment (QFD) (Studi pada Bakso Rusuk Solo). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (25kB)
Download (25kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (283kB)
Download (283kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (289kB)
Download (289kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (195kB)
Download (195kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (407kB)
Download (407kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
Abstract
Bakso Rusuk Solo adalah sebuah restoran yang menjual berbagai macam
bakso dengan khas-nya pada menu Bakso Rusuk. Bakso Rusuk solo didrikan oleh
Bapak Sardomo pada tahun 2006. Restoran ini memiliki empat outlet yang tersebar
di Jakarta Timur dan Bekasi. Bisnis makanan merupakan bisnis yang berkembang
sangat pesat dan pertumbuhan pesaingnya sangat cepat. Selan itu, bisnis restoran
juga harus memikirkan kualitas jasa, karena apabila konsumen kecewa akan
membawa kerugian besar bagi restoran tersebut. Bakso Rusuk Solo dalam enam
kuartal terakhir mengalami penurunan omset yang cukup signifikan dan kenaikan
omset yang ada belum dapat menutupi penurunan yang terjadi. Masalah penurunan
tersebut bisa disebabkan oleh kualitas jasa yang masih harus diperbaiki. Perbakan
kualitas jasa juga bermanfaat bagi restoran agar dapat mengetahui harapan dan
keinginanan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis presyaratan
pelanggan Bakso Rusuk Solo yang dikelompokan menjadi lima dimensi
pengukuran kualitas yang ada dalam DINESERV, yaitu tangibles, assurance,
reliability, responsiveness dan empathy.
Jumlah sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik purposive
sampling dan dikumpulkan melalui teknik kuesioner. Penelitian ini melibatkan 96
responden yang merupakan pelanggan Bakso Rusuk Solo yang tersebar di keempat
outlet. Penelitian ini juga melibatkan penilaian dari pemilik untuk menguatkan
penilaian dari pelanggan. Prioritas persyaratan pelanggan dianalisa dengan
menggunakan metode Importance-Performance Analysis (IPA) dan Quality
Function Deployment (QFD).
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa “Kamar mandi yang bersih”
merupakan atribut persyaratan pelanggan yang memiliki prioritas tertinggi
berdasarkan analisis IPA dan QFD (dengan nilai normalized raw weight 5.34%).
Sementara atribut “Senyum, Salam, Sapa” merupakan karakteristik teknis restoran
yang menjadi prioritas tertinggi (dengan nilai bobot relatif 12.76%).
Keywords : | Restautant, Bakso Rusuk Solo, Service Quality, 5 Quality Dimensions of SERVQUAL, Quality Function Deploment, QFD., Restoran, Bakso Rusuk Solo, Kualitas Jasa, 5 Dimensi Kualitas DINESERV, Quality Function Deploment, QFD. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 08:13 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 08:13 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10207 |