PENGARUH KETAATAN ATURAN AKUNTANSI, ASIMETRI INFORMASI DAN KEADILAN ORGANISASI TERHADAP KECURANGAN PEGAWAI: PERAN MODERASI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL (Studi Pada Pegawai Dinas Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat)

SULAIMAN, Rizky Adhitya and PURWANTO, Agus and HARYANTO, Haryanto,(25 May 2018), PENGARUH KETAATAN ATURAN AKUNTANSI, ASIMETRI INFORMASI DAN KEADILAN ORGANISASI TERHADAP KECURANGAN PEGAWAI: PERAN MODERASI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL (Studi Pada Pegawai Dinas Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (219kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (185kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (186kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (308kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (452kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendapatkan bukti empiris apakah kecurangan (fraud) yang dilakukan oleh pegawai dipengaruhi oleh faktor seperti ketaatan aturan akuntansi, asimetri informasi dan keadilan organisasi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah faktor efektivitas pengendalian internal mampu memperkuat/memperlemah hubungan ketaatan aturan akuntansi, asimetri informasi, serta keadilan organisasi terhadap kecurangan pegawai. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pegawai dinas yang bekerja pada pemerintahan kabupaten Kotawaringin Barat. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive non random sampling, dengan kriteria pejabat struktural dan telah bekerja pada instansi tersebut minimal 2 tahun, sehingga diperoleh 74 orang responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari enam hipotesis yang diajukan hanya tiga hipotesis yang diterima. Hipotesis yang diterima adalah asimetri informasi, berpengaruh positif terhadap kecurangan pegawai serta efektivitas pengendalian internal mampu memoderasi hubungan antara asimetri informasi terhadap kecurangan pegawai dan keadilan organisasi terhadap kecurangan pegawai. Sedangkan hipotesis yang ditolak adalah pengaruh ketaatan aturan akuntansi, keadilan organisasi dan variabel moderasi efektivitas pengendalian internal pada hubungan ketaatan aturan akuntansi terhadap kecurangan pegawai. Penelitian ini membuktikan bahwa ketaatan aturan akuntansi dan keadilan organisasi bukan merupakan variabel yang dapat menyebabkan kecurangan pegawai. Penelitian ini juga membuktikan bahwa efektivitas pengendalian internal mampu memberikan pengaruh negatif terhadap kecurangan pegawai. Hal ini dapat dilihat dari hasil hipotesis yang menunjukkan bahwa efektivitas pengendalian internal mampu memberikan dampak negatif asimetri informasi, keadilan organisasi terhadap kecurangan pegawai.
Keywords : Compliance to accounting rules, Information Asymmetry, Organizational Justice, Effectiveness of Internal Controls, Ketaatan Aturan Akuntansi, Asimetri Informasi, Keadilan Organisasi, Efektivitas Pengendalian Internal.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 08 Feb 2022 06:33
Last Modified: 08 Feb 2022 06:33
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10215

Actions (login required)

View Item
View Item