FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris pada Perusahaan Industri dasar dan kimia di BEI Tahun 2015-2020)

KARTIKASARI, Brilian Ayu and MUID, Dul,(29 December 2021), FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris pada Perusahaan Industri dasar dan kimia di BEI Tahun 2015-2020). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (811kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (788kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (789kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (833kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (835kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Download (956kB)

Abstract

Perusahaan di bangun dg harapan memiliki jangka hidup yang lama. Apabila suatu perusahaan mulai diragukan kemampuan dalam going concernnya, auditor sebagai pihak eksternal yang dipercaya untuk mengaudit laporan keuangan perlu mengungkapkan opini going concern. Semen, plastik, serta logam merupakan salah satu contoh dari hasil industri dasar dan kimia yang sering di temukan sehari-hari. Indusrtri ini cederung berkembang dinamis dan fluktuatif mengikuti kebutuhan manusia. Karena pengaruhnya yang besar dalam kehidupan masyarakat, saya ingin memgetahui faktor- faktor auditor memberikan opini going concern ke perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi opini audit going concern, dengan variabel yang diuji yaitu kondisi keuangan, leverage, profitablitas, opini audit tahun lalu dan opini audit going concern. Objek penelitian yang digunakan adalah perusahaan di sektor industri dasar dan kimia yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2015-2020. Populasi dari penelitain ini terdapat 78 perusahaan dan sampel yang memenuhi kriteria terdapat 35 perusahan sedangkan hanya 200 observasi yang dilakukan. Penelitain ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan yang di peroleh dari Bursa Efek Indondesia dan website perusahaan dari tahun 2015-2020. Opini audit going concern diukur dengan variabel dummy untuk 1 menerima opini audit going concern dan 0 untuk sebaliknya. Pengujian hipotesis digunakan pengujian regresi logistik dan aplikasi SPSS 24. Hasil dari penelitian ini bahwa kondisi keuangan, leverage, tidak berpengaruh pada opini audit going concern. Sedangkan profitabilitas dan opini audit tahun lalu memberikan pengaruh signifikan terhadap pemberian opini going concern.
Keywords : audit opinion, going concern opinion, financial condition, leverage, profitability, audit opinion last year, opini audit, opini going concern, kondisi keuangan, leverage, profitabilitas, opini audit tahun lalu.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Brilian Ayu Kartikasari
Date Deposited: 09 Feb 2022 07:44
Last Modified: 09 Feb 2022 08:02
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10220

Actions (login required)

View Item
View Item