ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL DENGAN METODE RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNINGS, CAPITAL (RGEC)

KARLINA, Andrea Reza and SETIAWAN, Achma Hendra,(20 December 2021), ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL DENGAN METODE RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNINGS, CAPITAL (RGEC). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (595kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (622kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (595kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (885kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (999kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja keuangan merupakan alat ukur untuk mengetahui proses pelaksanaan sumber data yang dimiliki oleh perusahaan. Kinerja keuangan dimuat dalam laporan keuangan yang bertujuan untuk memberikan informasi secara berkala mengenai kondisi bank secara menyeluruh. Persaingan perbankan di Indonesia semakin ketat. Bank Konvensional dan Bank Syariah bersaing dalam memperoleh laba. Maka perlu untuk mengetahui kinerja keuangan bank mana yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeahui perbedaan kinerja keuangan antara Bank Konvensional dan Bank Syariah. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah Bank Mandiri dan Bank Syariah Mandiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Independent t-Test dan diolah menggunakan aplikasi IMB SPSS Statistics 24. Pengukuran kinerja keuangan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode RGEC yang meliputi rasio NPF/NPL, FDR/LDR, GCG, ROA, dan CAR berdasarkan PBI NO.13/1/PBI/2011 dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No.10/SEOJK.03/2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data rasio keuangan tahun 2012-2018. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kinerja keuangan Bank Mandiri lebih baik dibandingkan dengan Bank Syariah Mandiri. Hasil analisis statistik kinerja Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri menunjukkan bahwa kinerja keuangan Bank Mandiri dan Bank Syariah Mandiri memiliki perbedaan dalam rasio NPL, GCG, ROA dan CAR. Sedangkan dalam rasio LDR tidak terdapat perbedaan diantara keduanya.
Keywords : Financial performance, NPL, LDR, GCG, ROA, CAR, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri., Kinerja keuangan, NPL, LDR, GCG, ROA, CAR, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Andrea Reza Karlina
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:26
Last Modified: 17 Feb 2022 02:26
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10249

Actions (login required)

View Item
View Item