HARINDA, Novita Widiyanti and JASTUTI, Indi and MAS’UD, Fuad,(February 2017), IMPLEMENTASI MUTU PELAYANAN AKADEMIK (STUDI KASUS DI IKIP VETERAN SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (143kB)
Download (143kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (211kB)
Download (211kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (210kB)
Download (210kB)
Text (Dafatar Isi)
- Published Version
Download (312kB)
Download (312kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (200kB)
Download (200kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menilai kesesuaian
implementasi pelaksanaan mutu pelayanan administrasi akademik kepada
mahasiswa IKIP Veteran Semarang. Dari penelitian ini diharapkan karyawan
dapat menyampaikan kekurangan yang dirasakan dari pelaksanaan pelayanan
akademik yang ada pada saat ini dan menyampaikan sistem pelayanan akademik
yang diinginkan. Tujuan lainnya agar manajemen dapat memperoleh informasi
mengenai kelemahan sistem yang sudah dilaksanakan selama ini dan mendapat
rekomendasi perbaikan dalam pelaksanaan pelayanan akademik.
Partisipan dalam penelitian ini adalah 9 orang, yang terdiri dari 1 (satu)
orang Warek I Bidang Akademik, 1 (satu) orang Kepala BAAK, 1 (satu) orang
Kepala BAU, 1 (satu) orang Kepala Perpustakaan, 3 (tiga) orang Staff BAAK,
dan 2 (dua) orang Mahasiswa. Kesembilan partisipan tersebut mewakili semua
jabatan struktural, staf, dan mahasiswa yang ada di IKIP Veteran Semarang.
Penentuan informan dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode
penelitian ini adalah kualitatif dengan alat analisis yang digunakan adalah teknik
triangulasi dan member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh partisipan IKIP Veteran
Semarang memahami pengertian dan tahapan dari pelayanan akademik. Dasar
pelayanan akademik di IKIP Veteran sendiri adalah Keputusan MENPAN Nomor
63 Tahun 2004, meliputi: prinsip, standar, langkah, dan strategi layanan yang
ditambah dengan 3S : Senyum, Salam, dan Sapa. Adanya pelatihan SDM
diharapkan juga dapat meningkatkan pelayanan akademik di IKIP Veteran
Semarang. Diharapkan setiap pejabat struktural serta mahasiswa mengerti benar
apa yang dikerjakan oleh karyawan pemberi pelayanan akademik sehingga dapat
memberikan saran/masukan untuk perbaikan yang perlu dilakukan.
Keywords : | Keywords: Academic Services, Higher Education, Qualitative Research, Kata Kunci : Pelayanan Akademik, Pendidikan Tinggi, Penelitian Kualitatif |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 07:39 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 07:39 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10255 |