IMPLEMENTASI MUTU PELAYANAN AKADEMIK (STUDI KASUS DI IKIP VETERAN SEMARANG)

HARINDA, Novita Widiyanti and JASTUTI, Indi and MAS’UD, Fuad,(February 2017), IMPLEMENTASI MUTU PELAYANAN AKADEMIK (STUDI KASUS DI IKIP VETERAN SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (143kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (211kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (210kB)
[thumbnail of Dafatar Isi] Text (Dafatar Isi) - Published Version
Download (312kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menilai kesesuaian implementasi pelaksanaan mutu pelayanan administrasi akademik kepada mahasiswa IKIP Veteran Semarang. Dari penelitian ini diharapkan karyawan dapat menyampaikan kekurangan yang dirasakan dari pelaksanaan pelayanan akademik yang ada pada saat ini dan menyampaikan sistem pelayanan akademik yang diinginkan. Tujuan lainnya agar manajemen dapat memperoleh informasi mengenai kelemahan sistem yang sudah dilaksanakan selama ini dan mendapat rekomendasi perbaikan dalam pelaksanaan pelayanan akademik. Partisipan dalam penelitian ini adalah 9 orang, yang terdiri dari 1 (satu) orang Warek I Bidang Akademik, 1 (satu) orang Kepala BAAK, 1 (satu) orang Kepala BAU, 1 (satu) orang Kepala Perpustakaan, 3 (tiga) orang Staff BAAK, dan 2 (dua) orang Mahasiswa. Kesembilan partisipan tersebut mewakili semua jabatan struktural, staf, dan mahasiswa yang ada di IKIP Veteran Semarang. Penentuan informan dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan alat analisis yang digunakan adalah teknik triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh partisipan IKIP Veteran Semarang memahami pengertian dan tahapan dari pelayanan akademik. Dasar pelayanan akademik di IKIP Veteran sendiri adalah Keputusan MENPAN Nomor 63 Tahun 2004, meliputi: prinsip, standar, langkah, dan strategi layanan yang ditambah dengan 3S : Senyum, Salam, dan Sapa. Adanya pelatihan SDM diharapkan juga dapat meningkatkan pelayanan akademik di IKIP Veteran Semarang. Diharapkan setiap pejabat struktural serta mahasiswa mengerti benar apa yang dikerjakan oleh karyawan pemberi pelayanan akademik sehingga dapat memberikan saran/masukan untuk perbaikan yang perlu dilakukan.
Keywords : Keywords: Academic Services, Higher Education, Qualitative Research, Kata Kunci : Pelayanan Akademik, Pendidikan Tinggi, Penelitian Kualitatif
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 17 Feb 2022 07:39
Last Modified: 17 Feb 2022 07:39
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10255

Actions (login required)

View Item
View Item