PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Consumer Goods Yang Tercatat di PT. Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)

HIDAYAT, Alam Armansyah and KUSUMADEWI, Karlina Aprilia,(27 December 2021), PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Consumer Goods Yang Tercatat di PT. Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (53kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (84kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (82kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (44kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (170kB)
[thumbnail of Full PDF Bookmarks] Text (Full PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (929kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Tata kelola Perusahaan terhadap kinerja perusahaan. Di pada penelitian ini digunakan proxy Tobins’Q yang digunakan untuk mengetahui efektifitas perusahaan pada menggunakan asetnya untuk menghasilkan keuntungan dan menarik minat investor untuk melakukan investasi. Dengan dibentuknya mekanisme tata kelola perusahaan yang baik, diharapkan dapat mengurangi adanya konfilk agensi dan biaya agensi. Sehingga hal ini mampu meningkatkan kepercayaan para investor dan kinerja perusahaan. Populasi pada penelitian ini adalah Perusahaan sektor Consumer Goods yang tercatat di PT. Bursa Efek Indonesia selama 3 tahun berturut-turut (2017-2019). Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah metode purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 85 sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Sebelum dilakukan pengujian regresi, terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kepemilikan Institusional, Jumlah Komisaris Independen, Frekuensi Rapat Dewan Komisaris dan Frekuensi Rapat Dewan Direksi tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja perusahaan. Sementara Jumlah Dewan Direksi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja perushaan.
Keywords : Corporate Governance, Firm Performance, Tobins’Q., Tata kelola Perusahaan, Kinerja Perusahaan, Tobins’Q
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Alam Armansyah
Date Deposited: 18 Feb 2022 02:29
Last Modified: 18 Feb 2022 02:44
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10259

Actions (login required)

View Item
View Item