PENGARUH JUMLAH ANGGOTA, BESARAN (SIZE) KOPERASI, GEARING, DAN LIKUIDITAS KOPERASI TERHADAP PERMINTAAN JASA AUDIT EKSTERNAL ( Studi Survei Pada Koperasi Yang Terdaftar Di Dinas Koperasi Kota Bandung)

PUSPA, Herlina Puspa and JANUARTI, Indira and HANDAYAN, Rr. Sri,(2019), PENGARUH JUMLAH ANGGOTA, BESARAN (SIZE) KOPERASI, GEARING, DAN LIKUIDITAS KOPERASI TERHADAP PERMINTAAN JASA AUDIT EKSTERNAL ( Studi Survei Pada Koperasi Yang Terdaftar Di Dinas Koperasi Kota Bandung). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (156kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris|)] Text (Abstrak (Inggris|)) - Published Version
Download (128kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (144kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (284kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (184kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Laporan keuangan bertujuan untuk menyediakan informasi yang bermanfaat bagi para pengguna laporan keuangan dalam mengambil keputusan ekonomi. Keputusan yang diambil tepat dan sesuai dengan keadaan koperasi, berdasarkan pada laporan keuangan yang akuntabilitasnya terjamin. Untuk memenuhi hal tersebut biasanya laporan keuangan yang digunakan sebagai acuan adalah laporan keuangan yang telah diaudit oleh audit eksternal. lingkungan koperasi di Kota Bandung kesadaran akan audit eksternal masih jarang dilakukan secara berkelanjutan, Sehingga faktor – faktor yang berpengaruh terhadap permintaan jasa audit eksternal perlu ditingkatkan,agar laporan keuangan yang digunakan dapat dijadikan acuan dan terjaga akuntabilitasnya.Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh jumlah anggota, besaran (size) koperasi, rasio gearing, rasio likuiditas terhadap permintaan jasa audit eksternal pada koperasi yang terdapat di Kota Bandung. Hipotesis penelitiandiuji dengan menggunakan regresi logistic linier, karena variabel dependen bersifatnominal (dummy). Sampel yang digunakan sebanyak 137 koperasi di kota bandung yang telah membuat laporan keuangan sejaktahun 2015. Hasil penelitian ini menunjukan variabel jumlah anggota, besaran (size), rasio likuiditas berpengaruh signifikan terhadap permintaan jasa audit eksternal. Hasil tidak signifikan ditunjukan oleh variabel rasio gearing,dikarenakan rata – rata hutang jangka panjang pada koperasi di kota Bandung tidak begitu besar dibandingkan dengan modal koperasi.
Keywords : Number Of Member, Cooperative Magnitude, Gearing Ratio, Liquidity Ratio, External Audit, Jumlah Anggota, Besaran Koperasi, Rasio Gearing, Rasio Likuiditas, Audit Eksternal.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 24 Feb 2022 08:29
Last Modified: 24 Feb 2022 08:29
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10289

Actions (login required)

View Item
View Item