WIDIASTUTI, Berlian and SUFIAN, Syuhada and IDRIS, Idris,(April 2010), STUDI TENTANG INTENSITAS PENGGUNAAN ELECTRONIC BANKING OLEH NASABAH PT. BANK CENTRAL ASIA, TBK (BCA) KANTOR CABANG UTAMA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (61kB)
Download (61kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (52kB)
Download (52kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (52kB)
Download (52kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (59kB)
Download (59kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (265kB)
Download (265kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh nilai pelanggan dan
kualitas sistem terhadap trust dalam meningkatkan penggunaan frekuensi internet
banking. Alasan penelitian ini dilakukan karena adanya beberapa kasus
kecurangan dengan media electronic banking mengakibatkan menurunnya
kepercayaan (trust) nasabah dalam penggunaan electronic banking. Hal ini
memberi dampak kepada bank yaitu akan berakibat membesarnya biaya
operasional untuk memperbanyak fasilitas yang bersifat tradisional dan
pembuangan biaya untuk investasi sistem electronic banking yang pada akhirnya
tidak digunakan.
Sampel penelitian ini adalah nasabah bank BCA, sejumlah 180
responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dalam penelitian
ini adalah purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan
karakteristik tertentu. Yang dimaksud karakteristik tertentu yaitu hanya nasabah
BCA yang memiliki sekurang-kurangnya satu produk yang terkoneksi dengan
fasilitas electronic banking dan menggunakan fasilitas electronic banking dalam
transaksi non dan finansial selama > 6 bulan. Structural Equation Modeling
(SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak AMOS, digunakan untuk
menganalisis data.
Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai pelanggan dan kualitas sistem
berpengaruh terhadap trust dalam meningkatkan penggunaan frekuensi internet
banking. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa nilai pelanggan
berpengaruh signifikan terhadap trust; kualitas system berpengaruh signifikan
terhadap trust; trust berpengaruh signifikan terhadap penggunaan frekuensi
internet banking.
Keywords : | Keywords: consumers value, system quality, trust, and the use of internet banking frequency., Kata Kunci : nilai pelanggan, kualitas sistem, trust, dan penggunaan frekuensi internet banking |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 04 Mar 2022 01:49 |
Last Modified: | 04 Mar 2022 01:49 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10312 |