ANALISIS PENGARUH INDIKATOR MAKROEKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH DI INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19

SULISNAWATI, Nita and ADITYAWARMAN, Adityawarman,(11 February 2022), ANALISIS PENGARUH INDIKATOR MAKROEKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH DI INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (73kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (58kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (59kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (214kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (204kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel makroekonomi terhadap profitabilitas bank syariah di masa pandemi Covid-19 yang diukur melalui indikator Return On Asset (ROA). Adapun indikator makroekonomi yang digunakan adalah Produk Domestik Bruto (PDB), inflasi, BI Rate dan kurs. Objek penelitian yang digunakan meliputi seluruh populasi bank syariah yang ada di Indonesia yang terdiri dari 12 BUS dan 20 UUS dengan menggunakan data periode Januari 2020 hingga Agustus 2021 yang diperoleh dari publikasi laporan keuangan melalui website. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software Eviews 9. Selama periode penelitian, menunjukan hasil bahwa secara simultan variabel independen yang meliputi Produk Domestik Bruto (PDB), inflasi, BI Rate dan kurs memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas bank syariah di Indonesia yang diukur melalui indikator Return On Asset (ROA). Sedangkan secara parsial menunjukan bahwa variabel PDB berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas bank syariah di Indonesia yang diukur melalui indikator Return On Asset (ROA), sementara inflasi, BI Rate dan kurs tidak berpengaruh terhadap profitabilitas bank syariah di Indonesia yang diukur melalui indikator Return On Asset (ROA).
Keywords : Macroeconomics, Profitability, Islamic Banks, Indonesia, Covid-19 Pandemic., Makroekonomi, Profitabilitas, Bank Syariah, Indonesia, Pandemi Covid-19.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Nita Sulisnawati
Date Deposited: 10 Mar 2022 02:27
Last Modified: 10 Mar 2022 02:27
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10336

Actions (login required)

View Item
View Item