PENGARUH DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, UKURAN KOMITE AUDIT, KEAHLIAN KOMITE AUDIT, RAPAT KOMITE AUDIT, RAPAT DEWAN PENGAWAS SYARIAH TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris pada perbankan syariah yang terdaftar di OJK Tahun 2016-2020)

DZULKIFLI, Dzulkifli and DEWAYANTO, Totok,(7 March 2022), PENGARUH DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, UKURAN KOMITE AUDIT, KEAHLIAN KOMITE AUDIT, RAPAT KOMITE AUDIT, RAPAT DEWAN PENGAWAS SYARIAH TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris pada perbankan syariah yang terdaftar di OJK Tahun 2016-2020). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (62kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (195kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis bukti empiris mengenai pengaruh dari dewan komisaris independen, ukuran komite audit, keahlian komite audit, rapat komite audit, rapat dewan pengawas syariah terhadap audit report lag. Variabel dependen dalam penelitian yaitu audit report lag yang diukur berdasarkan rentang waktu yang di mulai dari batas waktu perusahaan tutup buku pada tanggal 31 Desember sampai dengan tanggal yang ditentukan dalam laporan auditor independen. Penelitian ini juga mempunyai variabel kontrol yaitu ukuran bank. Populasi dalam penelitian yaitu bank umum syariah dan unit usaha syariah yang terdaftar pada OJK (Otoritas Jasa Keuangan) di Indonesia selama periode tahun 2016 - 2020. Jumlah sampel sebanyak 120 observasi yang diambil dengan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Uji asumsi klasik terlebih dahulu dilakukan sebelum melakukan pengujian regresi linear berganda. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa dewan komisaris independen, ukuran komite audit, keahlian komite audit, rapat dewan pengawas syariah tidak berpengaruh terhadap audit report lag. Sedangkan rapat komite audit memiliki pengaruh yang signifikan.
Keywords : Audit report lag, sharia banking, corporate governance, audit committee, and sharia supervisory board., Audit report lag, perbankan syariah, corporate governance, komite audit, dan dewan pengawas syariah.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Dzulkifli Dzulkifli
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:44
Last Modified: 10 Mar 2022 04:46
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10347

Actions (login required)

View Item
View Item