DETERMINAN AGRESIVITAS PAJAK TERHADAP HUTANG DALAM PERSPEKTIF AGENCY THEORY DAN PECKING ORDER THEORY

RACHMAWATI, Yunita and FUAD, Fuad,(16 December 2019), DETERMINAN AGRESIVITAS PAJAK TERHADAP HUTANG DALAM PERSPEKTIF AGENCY THEORY DAN PECKING ORDER THEORY. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (303kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (86kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (86kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (96kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (96kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor-faktor struktur kepemilikan perusahaan terhadap agresivitas pajak, serta dampaknya terhadap hutang jangka pendek. Faktor-faktor struktur kepemilikan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kepemilikan manajerial, intitusional, asing, keluarga, dan terkonsentrasi. Agresivitas pajak dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan ETR yaitu mengukur beban pajak penghasilan dibandingkan dengan laba sebelum pajak dalam laporan tahunan. Sedangkan untuk mengukur hutang jangka pendek, penelitian ini menggunakan proksi yaitu total utang jangka pendek dibandingan total seluruh hutang. Pupolasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2014-2018. Berdasarkan metode purposive sampling, maka terpilih 64 perusahaan dengan total 320 pengamatan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan metode alternatif Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial, institusional, asing dan keluarga berpengaruh negatif signifikan terhadap agresivitas pajak, sedangkan kepemilikan terkonsentrasi berpengaruh positif signifikan terhadap agresivitas pajak, kemudian agresivitas pajak berpengaruh positif signifikan terhadap hutang jangka pendek.
Keywords : Ownership structure, tax aggressiveness, short-term debt., Struktur kepemilikan, agresivitas pajak, hutang jangka pendek.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 11 Mar 2022 09:02
Last Modified: 11 Mar 2022 09:02
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10351

Actions (login required)

View Item
View Item