ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada UKM Industri Furniture di Jepara)

HISTHIKA, Kusumadewi and MANGUNWIHARDJO, Suyudi and RAHARDJO, Susilo Toto,(5 May 2010), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada UKM Industri Furniture di Jepara). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (554kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (574kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (553kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (652kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (860kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja perusahaan merupakan konstruk yang umum digunakan untuk mengukur dampak dari strategi bisnis suatu perusahaan. Pemasalahan penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi bisnis perusahaan mempengaruhi kinerja perusahaan. Selanjutnya untuk menjawab permasalahan tersebut dikembangkan sebuah permodelan dan empat hipotesis telah dirumuskan dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode convenience sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 109 perusahaan ekspor furniture di Jepara, Alat analisis yang digunakan adalah structural equation modelling (SEM) pada program AMOS 7,01. Hasil analisis SEM dari penelitian ini memenuhi kriteria Goodness of Fit. Dari hasil analisis data terlihat bahwa keempat hipotesis dapat diterima. 1. Orientasi wirausaha secara positif dan signifikan mempengaruhi strategi bisnis perusahaan. 2. Orientasi pasar secara positif dan signifikan mempengaruhi strategi bisnis perusahaan. 3. Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan secara positif dan signifikan mempengaruhi strategi bisnis perusahaan. 4. Strategi bisnis perusahaan secara positif dan signifikan mempengaruhi kinerja perusahaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kinerja perusahaan dapat dicapai melalui penerapan strategi bisnis perusahaan yang tepat. Penerapan strategi bisnis perusahaan dipengaruhi oleh orientasi wirausaha, orientasi pasar dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan.
Keywords : Keywords: entrepreneurship orientation, market orientation, ability to adapt with environment, company business strategy, company performance, Kata Kunci : orientasi wirausaha, orientasi pasar, kemampuan beradaptasi dengan lingkungan, kinerja perusahaan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:16
Last Modified: 17 Mar 2022 02:16
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10370

Actions (login required)

View Item
View Item