SULISTYA, Widha Anggun and FERDINAND, Augusty Tae,(4 December 2017), UPAYA PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI ORIENTASI PASAR DENGAN KAPASITAS INOVASI PERUSAHAAN, ADAPTASI PRODUK DAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada UMKM Makanan Olahan Ikan di Kabupaten Demak). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Kapasitas inovasi dapat meningkatkan kinerja pemasaran UMKM sector
pengolahan ikan di Kabupaten Demak. Terdapat faktor-faktor yang
mempengaruhi inovasi produk di UMKM pengolahan ikan di Kabupaten Demak
yaitu, produk baru, pengembangan produk, system distribusi serta tingkat
kreatifitas. Permasalahan penelitian yang dihadapi oleh UMKM pengolahan ikan
dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kinerja bisnis melalui
inovasi produk dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kinerja bisnis.
Sampel penelitian ini berjumlah 141 unit UMKM pengolahan ikan di
Kabupaten Demak yang tersebar di kecamatan yakni Bonang. Teknik sampling
yang digunakan dalam penelitian ini adalah sensus jadi semua anggota populasi
dijadikan sampel. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik usaha UMKM
pengolahan ikan di Kabupaten Demak. Alat analisis yang digunakan adalah
Standar Equational Model (SEM) dengan menggunakan aplikasi AMOS 23.
Dari enam hipotesis yang diuji terdapat empat hipotesis yang diterima. Dalam
penelitian ini market orientation terbukti berpengaruh terhadap kapasitas inovasi,
kemudian kapasitas inovasi berpengaruh terhadap keunggulan bersaing dan
keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, sedangkan variabel
adaptasi produk terbukti tidak memberikan pengaruh terhadap variabel kinerja
pemasaran.
Keywords : | Market Orientation, Innovation Capacity,Competitive Advantage, Product Adaptation, Marketign Performance, Market Orientation, Kapasitas Inovasi, Keunggulan Bersaing, Adaptasi Produk, Kinerja Pemasaran. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 03:03 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 03:03 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10373 |