UPAYA PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI ORIENTASI PASAR DENGAN KAPASITAS INOVASI PERUSAHAAN, ADAPTASI PRODUK DAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada UMKM Makanan Olahan Ikan di Kabupaten Demak)

SULISTYA, Widha Anggun and FERDINAND, Augusty Tae,(4 December 2017), UPAYA PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI ORIENTASI PASAR DENGAN KAPASITAS INOVASI PERUSAHAAN, ADAPTASI PRODUK DAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada UMKM Makanan Olahan Ikan di Kabupaten Demak). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kapasitas inovasi dapat meningkatkan kinerja pemasaran UMKM sector pengolahan ikan di Kabupaten Demak. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi produk di UMKM pengolahan ikan di Kabupaten Demak yaitu, produk baru, pengembangan produk, system distribusi serta tingkat kreatifitas. Permasalahan penelitian yang dihadapi oleh UMKM pengolahan ikan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kinerja bisnis melalui inovasi produk dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kinerja bisnis. Sampel penelitian ini berjumlah 141 unit UMKM pengolahan ikan di Kabupaten Demak yang tersebar di kecamatan yakni Bonang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sensus jadi semua anggota populasi dijadikan sampel. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik usaha UMKM pengolahan ikan di Kabupaten Demak. Alat analisis yang digunakan adalah Standar Equational Model (SEM) dengan menggunakan aplikasi AMOS 23. Dari enam hipotesis yang diuji terdapat empat hipotesis yang diterima. Dalam penelitian ini market orientation terbukti berpengaruh terhadap kapasitas inovasi, kemudian kapasitas inovasi berpengaruh terhadap keunggulan bersaing dan keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, sedangkan variabel adaptasi produk terbukti tidak memberikan pengaruh terhadap variabel kinerja pemasaran.
Keywords : Market Orientation, Innovation Capacity,Competitive Advantage, Product Adaptation, Marketign Performance, Market Orientation, Kapasitas Inovasi, Keunggulan Bersaing, Adaptasi Produk, Kinerja Pemasaran.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 17 Mar 2022 03:03
Last Modified: 17 Mar 2022 03:03
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10373

Actions (login required)

View Item
View Item