PENGARUH KEPEMIMPINAN PELAYAN (SERVANT LEADERSHIP) DAN KOMPETENSI TERHADAP KEPUASAN KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENGAJAR (Studi Pada Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation)

SARAGIH, Masrul and DJASTUTI, Indi,(7 August 2016), PENGARUH KEPEMIMPINAN PELAYAN (SERVANT LEADERSHIP) DAN KOMPETENSI TERHADAP KEPUASAN KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENGAJAR (Studi Pada Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (700kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (719kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (696kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (704kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (776kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan pelayan (servant leadership) dan kompetensi terhadap kepuasan kerja dan kinerja pengajar, dan juga pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pengajar. Masalah penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kinerja pengajar melalui kepemimpinan pelayan (servant leadership), kompetensi dan kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation dengan jumlah responden sebanyak 120 pengajar yang tersebar di Cabang Semarang-dsk dan Magelang-dsk. Pengambilan data dilakukan dengan cara penyebaran angket dengan menyajikan pertanyaan tertutup dengan 4 (empat) variabel dengan masing-masing 5 (lima) indikator untuk setiap variabel yang diteliti. Pengolahan data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak Analysis of Moment Structure (AMOS). Hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa kepemimpinan pelayan (servant leadership) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, kepemimpinan pelayan (servant leadership) tidak berpengaruh terhadap kinerja pengajar, kompetensi tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, kompetensi tidak berpengaruh terhadap kinerja pengajar dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pengajar. Temuan empiris tersebut menunjukkan, bahwa kepemimpinan pelayan (servant leadership) mempengaruhi kepuasan kerja, selanjutnya kepuasan kerja akan mempengaruhi kinerja pengajar.
Keywords : servant leadership, competence, job satisfaction and teacher performance, kepemimpinan pelayan, kompetensi, kepuasan kerja dan kinerja pengajar.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:36
Last Modified: 07 Apr 2022 04:36
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10522

Actions (login required)

View Item
View Item