VANDALIZA, Vivied and FERDINAND, Augusty Tae,(12 September 2007), STUDI MENGENAI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI LANGKAH STRATEGIK DALAM MEMBANGUN MINAT MEREFERENSIKAN (Studi Kasus Pada Nasabah PT. BPR SETIA KARIB ABADI SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (192kB)
Download (192kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (236kB)
Download (236kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (186kB)
Download (186kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (255kB)
Download (255kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (300kB)
Download (300kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (11MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (11MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan sebagai langkah strategik
dalam membangun minat mereferensikan. Perumusan masalah penelitian berangkat dari
diidentifikasi masalah pada PT. BPR Setia Karib Abadi Semarang yang menunjukkan terjadinya
penurunan aktivitas perbankan yang dilakukan oleh nasabah dan tingginya keluhan nasabah.
Oleh karenanya permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut : bagaimana meningkatkan
kepuasan pelanggan agar minat mereferensikan meningkat sesuai dengan harapan perusahaan.
Selanjutnya variabel dan indikator penelitian juga didasarkan pada penelitian terdahulu. Sebuah
model telah dikembangkan dan tiga hipotesis telah dirumuskan untuk menjawab masalah
penelitian ini.
Teknik pengambilan sampel mengunakan quota dan purposif sampling. Responden dari
penelitian ini berjumlah 114 responden, dimana responden adalah 114sampel para nasabah pada
PT. BPR Setia Karib Abadi Semarang. Alat analisa data yang digunakan adalah Structural
Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 4.01.
Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan model dan hasil penelitian dapat diterima
dengan baik. Dan selanjutnya hasil penelitian ini membuktikan mutu pelayanan memiliki
pengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai pelanggan memiliki
pengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dan kepuasan pelanggan
berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat mereferensikan. Implikasi manajerial dan
agenda penelitian juga dibahas pada penelitian ini.
Keywords : | Service Quality, Customer Value, Customer Satisfaction, and Word Of Mouth, Mutu Pelayanan, Nilai Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan serta Minat Mereferensikan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 12 Apr 2022 01:59 |
Last Modified: | 12 Apr 2022 01:59 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10558 |