ANALISIS PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ADAPTASI LINGKUNGAN EKSTERNAL TERHADAP KINERJA UMKM DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA UMKM SEKTOR FASHION DI KOTA SEMARANG

HARTANTO, Wahyu and WAHYUDI, Sugeng and SUGIARTO, PH,SU.,(26 May 2017), ANALISIS PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ADAPTASI LINGKUNGAN EKSTERNAL TERHADAP KINERJA UMKM DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA UMKM SEKTOR FASHION DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (31kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (38kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang akan dianalisis dalam penelitian ini adalah Kinerja UMKM Usaha Mikro Sektor Fashion di Kota Semarang yang mengalami persaingan ketat dan masih lemah. UMKM memiliki lingkungan bisnis yang dinamis dan penuh ketidakpastian (seperti pesaing, pelanggan, supplier, regulator dan asosiasi usaha ), serta intensitas persaingan yang cukup tinggi yang membuat daya saing UMKM menjadi lemah yang pada akhirnya membuat kinerja UMKM menjadi terhambat. Terdapat faktor – faktor yang berpengaruh pada keunggulan bersaing dan pada akhirnya mempengaruhi kinerja UMKM Usaha Mikro Sektor Fashion di Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan dan adaptasi lingkungan eksternal terhadap keunggulan bersaing dan kinerja UMKM Usaha Mikro Sektor Fashion di Kota Semarang. Populasi yang dipilih pada penelitian ini adalah seluruh UMKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang yaitu sejumlah 11.585 UMKM. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 UMKM kota Semarang yang bergerak di sektor fashion. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling. Berdasarkan penelitian, orientasi kewirausahaan dan adaptasi lingkungan eksternal berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan dan adaptasi lingkungan eksternal tidak berpengaruh terhadap kinerja UMKM, sedangkan keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja UMKM. Dalam hal pengujian fit model, menyatakan bahwa model memiliki fit yang baik. Sehingga dari hal ini dapat disimpulkan bahwa model memiliki fit yang cukup baik untuk memprediksi minat
Keywords : Keywords: entrepreneurial orientation, adaptation to the external environment, competitive advantage, the performance of SMEs, Kata Kunci : orientasi kewirausahaan, adaptasi lingkungan eksternal, keunggulan bersaing, kinerja UMKM
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:16
Last Modified: 14 Apr 2022 03:16
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10580

Actions (login required)

View Item
View Item