PENGARUH INTEGRITAS AUDITEE TERHADAP KEYAKINAN AUDITOR DENGAN MEDIASI PENILAIAN RISIKO DAN KEABSAHAN BUKTI AUDIT (Studi Empiris pada Auditor Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Jawa Tengah dan Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta)

AMID, Jusmi and SABENI, Arifin,(August 2012), PENGARUH INTEGRITAS AUDITEE TERHADAP KEYAKINAN AUDITOR DENGAN MEDIASI PENILAIAN RISIKO DAN KEABSAHAN BUKTI AUDIT (Studi Empiris pada Auditor Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Jawa Tengah dan Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (607kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (610kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (609kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (620kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (676kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah integritas Auditee berpengaruh terhadap Keyakinan Auditor dengan mediasi Penilaian Risiko dan Keabsahan Bukti Audit. Karena integritas auditee mempunyai peranan penting dalam memelihara dan meningkatkan kepercayaan publik, maka profesi auditor semakin mendapat penghormatan dalam menjalankan profesinya. Penelitian dilakukan terhadap auditor sektor publik, yang bernaung pada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Tengah dan Perwakilan BPK Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode menggunakan sampling acak proporsional stratafikasi yaitu pemilihan sampel dengan penggolongan populasi berdasarkan kriteria tertentu atau subpopulasi sesuai dengan keperluan penelitian (auditor aktif), dengan mengajukan kuesioner kepada auditor aktif dan terdaftar sebagai auditor. Partisipasi auditor sebanyak 123 orang (72,78%) dari total auditor 169 orang. Analisis statistik menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan Program AMOS 16.0. Hasil analisis mengkonfirmasi bahwa (1) Integritas auditee berpengaruh negatif terhadap penilaian resiko audit, (2) Integritas auditee berpengaruh positif dengan tingkat keabsahan bukti audit. (3) Penilaian resiko audit berpengaruh positif dengan keabsahan bukti audit. (4) Integritas auditee tidak berpengaruh positif dengan keyakinan auditor. (5) Keabsahan bukti audit berpengaruh positif dengan tingkat keyakinan auditor. Namun terhadap variable control skeptisisme profesional auditor, pengalaman auditor, serta prosedur review dan kontrol kualitas audit yang diharapkan memperkuat hasil analisis, secara empiris tidak signifikan berpengaruh terhadap keyakinan auditor.
Keywords : Integrity of auditees, Audit Evidence Validity, Audit Risk Assessment, Audi, Integritas Auditee, Keabsahan Bukti Audit, Penilaian Resiko Audit, Keyakinan Auditor.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 18 Apr 2022 05:16
Last Modified: 18 Apr 2022 05:16
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10590

Actions (login required)

View Item
View Item