ANALISIS PENGARUH OPINI AUDIT TERHADAP PERGERAKAN HARGA SAHAM DENGAN REPUTASI AUDITOR SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020)

FADHILAH, Farah and ROHMAN, Abdul,(3 March 2022), ANALISIS PENGARUH OPINI AUDIT TERHADAP PERGERAKAN HARGA SAHAM DENGAN REPUTASI AUDITOR SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (34kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (314kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (209kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (410kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (455kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh opini audit terhadap pergerakan harga saham dengan reputasi auditor sebagai variabel moderasi. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pergerakan harga saham. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah opini audit. Selain itu penelitian ini juga menggunakan variabel moderasi yakni reputasi auditor dan juga variabel kontrol yang terdiri dari return on asset, leverage, dan kerugian tahun berjalan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia tahun 2018 hingga 2020. Berdasarkan proses pengambilan sampel, total sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 119 perusahaan. Analisis data dilakukan dengan dengan menggunakan software SPSS 23. Analisis data terdiri dari beberapa proses yakni analisis deskriptif, uji asumsi klasik, serta analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis, memperlihatkan bahwa opini audit berpengaruh secara positif terhadap pergerakan harga saham dengan dikontrol oleh return on asset, leverage, serta kerugian tahun berjalan. Selain itu penelitian ini juga membuktikan bahwa reputasi auditor tidak dapat memoderasi hubungan antara opini audit dan pergerakan harga saham.
Keywords : audit opinion, stock price movement, return on asset, leverage, current year losses, auditor’s reputation., opini audit, pergerakan harga saham, retun on asset, leverage, kerugian tahun berjalan, reputasi auditor.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Farah Fadhilah
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:43
Last Modified: 19 Apr 2022 02:43
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10594

Actions (login required)

View Item
View Item