MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BISNIS

ABDURRAHMAN, Abdurrahman and MANGUNWIHARDJO, Suyudi and SUFIAN, Syuhada,(12 June 2017), MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BISNIS. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (329kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (369kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (313kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (512kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari orientasi pasar, dan inovasi bisnis terhadap keunggulan bersaing dan kinerja bisnis pada usaha restoran/rumah makan di Kota Mataram. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana membangun keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja bisnis. Dari hasil wawancara dengan responden, diketahui berbagai permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha restoran/rumah makan, termasuk menurunnya kinerja, kurangnya inovasi, keterbatasan sumber daya, dan tantangan persaingan yang dihadapi oleh pelaku usaha restoran/rumah makan. Populasi dalam penelitian ini adalah restoran/rumah makan yang sudah tercatat di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram tahun 2011-2015. Sampel dalam penelitian ini adalah restoran/rumah makan yang ada di Kota Mataram Nusa Tenggara Barat dengan total responden sebanyak 120. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan kuesioner dan wawancara. Selanjutnya, data tersebut dianalisis menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Seluruh hipotesis dalam penelitian ini diterima, seperti yang ditunjukkan dengan hasil Critical Ratio (CR) ≥ ± 1.96 dengan tingkat signifikansi (P) < 0.05. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh langsung inovasi terhadap kinerja bisnis lebih ting dibandingkan pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja bisnis (0,458 dibanding 0,223). Pengaruh tidak langsung inovasi terhadap kinerja bisnis melalui keunggulan bersaing lebih tinggi dibandingkan pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja bisnis melalui keunggulan bersaing (0,130 dibanding 0,096).
Keywords : Keywords: Market Orientation, Business Innovation, Competitive Advantage, Business Performance, Kata kunci: Orientasi Pasar, Inovasi Bisnis, Keunggulan Bersaing, Kinerja Bisnis.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 25 Apr 2022 05:24
Last Modified: 25 Apr 2022 05:24
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10623

Actions (login required)

View Item
View Item