ANALISIS PERBANDINGAN ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM SEBELUM DAN SETELAH MERGER DAN AKUISISI (Studi Kasus: Perbankan yang Terdaftar di BEI, Periode 2008-2013)

LESTARI, Dhitta Ayu and WIDYARTI, Endang Tri,(30 September 2014), ANALISIS PERBANDINGAN ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM SEBELUM DAN SETELAH MERGER DAN AKUISISI (Studi Kasus: Perbankan yang Terdaftar di BEI, Periode 2008-2013). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (212kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract) - Published Version
Download (173kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak) - Published Version
Download (173kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (177kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (217kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Merger dan akuisisi merupakan informasi penting bagi para pemegang saham. Merger merupakan penggabungan dua perusahaan atau lebih yang bergerak dalam industri yang sama menjadi satu perusahaan baru atau mempertahankan salah satu perusahaan untuk memperkuat posisi perusahaan. Sedangkan akuisisi merupakan pengambilalihan (take over) sebagian atau keseluruhan saham atau aset perusahaan lain namun kedua perusahaan masih beroperasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan abnormal return, dan volume perdagangan saham sebelum dan setelah merger dan akuisisi. Sehingga investor dapat menggunakan pengumuman merger dan akuisisi sebagai pertimbangan berinvestasi. Penelitian ini menggunakan event study, dimana dilakukan pengamatan terhadap abnormal return, dan volume perdagangan saham selama lima hari sebelum pengumuman dan lima hari setelah pengumuman. Populasi sampel dalam penelitian ini adalah perbankan yang melakukan merger dan akuisisi pada periode 2008-2013. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 9 perbankan pada periode 2008-2013. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) tahun 2008 sampai dengan 2013, www.idx.co.id. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan metode statistik dengan menggunakan uji normalitas data, paired sample t-test dan wilcoxon signed rank test. Hasil dari pengujian paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada abnormal return setelah merger dan akuisisi pada periode pengamatan dan pengujian. Dan hasil dari pengujian wilcoxon signed rank test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada volume perdagangan seham setelah merger dan akuisisi pada periode pengamatan.
Keywords : Merger dan akuisisi, abnormal return, volume perdagangan saham, paired sample t-test., merger and acquisition, abnormal return, trading volume activity, paired sample t-test.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 10 May 2022 08:26
Last Modified: 10 May 2022 08:26
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10661

Actions (login required)

View Item
View Item