ANALISIS PENGARUH VARIABEL NPL, NIM, NON INTEREST INCOME, DAN LDR TERHADAP ROA DENGAN SIZE SEBAGAI VARIABEL KONTROL

YUDHA, Aji and CHABACHIB, Mochammad and PANGESTUTI, Irene Rini Demi,(7 June 2017), ANALISIS PENGARUH VARIABEL NPL, NIM, NON INTEREST INCOME, DAN LDR TERHADAP ROA DENGAN SIZE SEBAGAI VARIABEL KONTROL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (258kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (298kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (315kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (502kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (312kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja keuangan bank menggambarkan kondisi kesehatan bank saat itu. Tingkat kesehatan bank merupakan faktor penting karena sebagai indikator apakah bank tersebut dapat menjalankan fungsinya tidak hanya sebagai lembaga intermediasi, namun juga penopang pembangunan dan stabilitas keuangan suatu negara. Rasio ROA digunakan untuk mengukur efisiensi kinerja bank. Semakin tinggi nilai ROA maka semakin baik bank dalam menjalankan fungsinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Non Performing Loan (NPL), Net Interest Margin (NIM), Non Interest Income, dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Return On Asset (ROA) dengan size sebagai variable kontrol, serta membandingkan apakah terdapat perbedaan antara bank domestik dan asing periode 2010 – 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah data bank domestik dan asing yang terdaftar di BEI pada tahun 2015. Sample yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 228 bank dengan menggunakan metode non participant observation dan sumber data berasal dari data sekunder. Variabel dalam penelitian ini meliputi Non Performing Loan (NPL), Net Interest Margin (NIM), Non Interest Income, dan Loan to Deposit Ratio (LDR) serta size sebagai variable kontrol. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pada bank domestik, Non Performing Loan (NPL) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Net Interest Margin (NIM) berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Sedangkan Non Interest Income dan Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Kategori bank asing, Non Performing Loan (NPL) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Net Interest Margin (NIM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Non Interest Income berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Size terbukti sebagai variable kontrol baik pada bank domestik dan asing. Uji Chow test digunakan untuk mengetahui perbedaan antara bank domestik dan asing. Hasil uji chow test memaparkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara bank domestik dan asing di Indonesia pada periode 2010 – 2015.
Keywords : Keywords: Non Performing Loan (NPL), Net Interest Margin (NIM), Non Interest Income, Loan to Deposit Ratio (LDR), Size, Return On Assets (ROA), Kata kunci : Non Performing Loan (NPL), Net Interest Margin (NIM), Non Interest Income, Loan to Deposit Ratio (LDR), Size, Return On Assets (ROA)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 24 May 2022 02:00
Last Modified: 24 May 2022 02:00
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10711

Actions (login required)

View Item
View Item