ANALISIS PERILAKU HERDING PADA PASAR SAHAM TERINTEGRASI (Kasus pada Pasar Saham ASEAN 5 Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Thailand Periode Krisis tahun 2008-2010 dan Pasca Krisis tahun 2011–2015)

CHASANAH, Fatihah Nida „Ul and PANGESTUTI, Irene Rini Demi and SUGIONO, Sugiono,(6 June 2017), ANALISIS PERILAKU HERDING PADA PASAR SAHAM TERINTEGRASI (Kasus pada Pasar Saham ASEAN 5 Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Thailand Periode Krisis tahun 2008-2010 dan Pasca Krisis tahun 2011–2015). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Herding  merupakan salah satu fenomena di pasar modal dimana investor secara berkelompok memutuskan keputusan investasi yang sama yaitu untuk membeli atau menjual suatu saham. Fenomena herding tidak terjadi secara terencana dan berkemlompok namun semata karena adanya kesamaan keputusan investasi secara bersamaan.Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidaknya perilaku herding (herding behavior) di pasar saham ASEAN 5 yang terintegrasi dengan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Chang Cheng Khorana (2000) periode krisis tahun 2008-2010 dan periode pasca krisis tahun 2011-2015. Populasi dalam penelitian ini yaitu saham-saham aktif yang tercatat di bursa saham negara Indonesia (IHSG), Singapura (STI), Malaysia (KLSE), Thailand (SET) dan Filipina (SETi) dengan data harian yang diakses melalui Bloomberg Database. Adapun sampel pada penelitian ini yaitu pasar saham ASEAN 5 yang terintegrasidimana terdapat sampel saham-saham aktif pada pasar saham Indonesia (IHSG) yaitu 52 sampel, pada pasar saham Singapura (STI) yaitu 49 sampel, pada pasar saham Malaysia (KLSE) yaitu 50 sampel, pada pasar saham Thailand yaitu 53 sampel, pada pasar saham Filipina yaitu 45 sampel. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Kointegrasi ADF dan VAR meliputi uji stasioneritas, uji kointegrasi ADF, uji Lag optimal, uji VAR, Uji t, uji f, R 2 , analisis impulse response, analisis variance decomposition dan uji granger causality. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah closing price indeks harga saham Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Filipina serta Rm, Rm 2 sebagai variabel independen dan CSAD (Cross Sectional Absolute Deviation) sebagai variabel dependen. Berdasarkan hasil uji kointegrasi ADF (1st different) terdapat hubungan integrasi pasar saham ASEAN 5 periode krisis tahun 2008-2010 dan periode pasca krisis tahun 2011-2015. Hasil pengujian variabel return pasar absolut dan return pasar kuadrat dengan metode CSAD menunjukkan bahwa tidak ditemukan adanya bukti yang signifikan dari perilaku herding pada pasar saham Malaysia periode krisis tahun 2008-2010 dan bursa saham Malaysia, Filipina periode pasca krisis tahun 2011-2015. Namun, ditemukan adanya bukti yang signifikan mengenai perilaku herding di pasar saham Indonesia, Singapura, Filipina, Thailand periode krisis tahun 2008-2010 dan pada bursa saham negara Indonesia, Singapura,Thailand periode pasca krisis tahun 2011-2015.
Keywords : Keywords: Market integration, herding behavior, market return, Cross Sectional Absolute Deviation (CSAD), ASEAN 5, Vector Autoregression (VAR)., Kata Kunci : Integrasi pasar, perilaku herding (herding behavior), return pasar, CSAD (Cross Sectional Absolute Deviation), ASEAN-5, VAR (Vector Autoregression)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 24 May 2022 03:06
Last Modified: 24 May 2022 03:06
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10715

Actions (login required)

View Item
View Item