COMPETITIVE ADVANTAGE SEBAGAI MODEL PENINGKATAN KINERJA BISNIS (STUDI KASUS PADA UMKM TENUN IKAT DI TROSO JEPARA)

A'YUN, Annisa Qurrota and KUSUMAWARDHANI, Amie,(May 2019), COMPETITIVE ADVANTAGE SEBAGAI MODEL PENINGKATAN KINERJA BISNIS (STUDI KASUS PADA UMKM TENUN IKAT DI TROSO JEPARA). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (118kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (33kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (35kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (260kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (704kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh knowledge management, product innovation, dan competitive advantage, terhadap business performance. Masalah penelitian ini adalah bagaimana knowledge management dan prpoduct innovation dapat berpengaruh terhadap competitive advantage dalam meningkatkan business performance. Pada penelitian ini, dilakukan penyempurnaan model dengan menggunakan evaluasi outlier dan komposit indicator, sehingga pada penelitian ditemukan hasil yang dapat menginterpretasikan kondisi dari usaha kecil menengah Tenun Ikat Troso Jepara. Sampel penelitian ini adalah pemilik sekaligus pengelola usaha tenun ikat di Troso, Jepara sejumlah 120 responden, dari 436 populasi. Penelitian ini meggunakan Structural Equation Model (SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak AMOS 20.0 untuk menganalisa data. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil dari pengolahan data SEM untuk model penuh telah memenuhi goodness of fit sebagai berikut, nilai Chi-square = 21,024; df : 13; probability = 0,072; CMIN/DF = 1,617; GFI = 0,956; AGFI = 0,905; TLI = 0,962; CFI = 0,976; RMSEA = 0,072. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan. Temuan empiris dalam penelitian ini menunjukkan bahwa knowledge management berpengaruh positif signifikan terhadap competitive advantage, product innovation berpengaruh positif terhadap competitive avantage, competitive advantage berpengaruh positif terhadap business performance, knowledge management berpengaruh positif terhadap business performance, product innovation berpengaruh positif terhadap business performance.
Keywords : knowledge management, product innovation, competitive advantage, business performance., knowledge management, product innovation, competitive advantage, business performance.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:43
Last Modified: 06 Jun 2022 04:43
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10784

Actions (login required)

View Item
View Item