DETERMINAN KEBIJAKAN HUTANG, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

RAHMAWATI, Apriliana Nuzul and MUHARAM, Harjum and MAWARDI, Wisnu,(7 February 2017), DETERMINAN KEBIJAKAN HUTANG, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (74kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (177kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (68kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (75kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (293kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan. Nilai perusahaan yang tinggi akan membuat pasar percaya tidak hanya pada kinerja perusahaan saat ini namun juga pada prospek perusahaan di masa depan. Nilai perusahaan dapat meningkat tidak lepas dari faktor kebijakan hutang dan kebijakan dividen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemilikan manajerial, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perushaan, dengan kebijakan hutang dan kebijakan dividen sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebesar 149 perusahaan. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria tertentu, maka diperoleh jumlah sampel sebesar 42 perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis, diman sebelumnya dilakukan asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial terbukti tidak berpengaruh terhadap kebijakan hutang, sedangkan profitabilitas berpengaruh negatif terhadap kebijakan hutang dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap kebijakan hutang. Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen, sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen. Kepemilikan manajerial terbukti tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas, ukuran perusahaan, kebijakan hutang dan kebijakan dividen berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Kebijakan hutang dan kebijakan dividen tidak mampu menjadi variabel intervening antara kepemilikan manajerial, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
Keywords : Keywords : Managerial ownership, Return on Assets (ROA), firm size, Debt to Equity Ratio (DER), Devidend Payout Ratio (DPR), and Price Book Value (PBV)., Kata kunci : Kepemilikan manajerial, profitabilitas, ukuran perusahaan, kebijakan hutang, kebijakan dividen dan nilai perusahaan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 07 Jun 2022 01:40
Last Modified: 07 Jun 2022 01:40
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10787

Actions (login required)

View Item
View Item