ANALISA PENGARUH KUALITAS HUBUNGAN PELANGGAN DAN KEUNGGULAN PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING PRODUK (Studi Empiris pada PT. Bank Mega, Tbk)

AUGUSTIA, Sekarani Yuteva and RAHARJO, Susilo Toto and SUTOPO, Sutopo,(20 February 2018), ANALISA PENGARUH KUALITAS HUBUNGAN PELANGGAN DAN KEUNGGULAN PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING PRODUK (Studi Empiris pada PT. Bank Mega, Tbk). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (105kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (69kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (82kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (89kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (252kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di dalam industri perbankan yang sangat kompetitif ini, setiap bank perlu menciptakan nilai superior bagi para pelanggan. Industri perbankan yang ideal untuk meningkatkan kualitas hubungan pelanggan adalah perusahaan yang ingin mengoptimalkan keuntungan dengan cara menjalin hubungan dengan lebih dekat (customer intimacy) dan harmonis dengan pelanggannya. Dengan demikian, nilai tambah relationship marketing dapat dioptimalkan dalam mengefektifkan dan mengefisiensikan biaya untuk mengakuisisi nasabah baru atau mempertahankan nasabah lama sehingga biaya dan usaha pemasaran menjadi tidak sia-sia dan keuntungan dapat ditingkatkan lebih banyak lagi. Penelitian ini secara khusus meneliti pengaruh kualitas hubungan pelanggan dan keunggulan produk terhadap kinerja pemasaran perusahaan melalui keunggulan bersaing dalam industri perbankan. Industri yang dijadikan obyek peneitian adalah PT Bank Mega Tbk Regional Semarang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dari paket statistik AMOS. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas hubungan berpengaruh dan keunggulan produk positif terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan keunggulan bersaing tidak berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Pada akhir pembahasan, keterbatasan penelitian dan agenda penelitian mendatang dapat dijadikan acuan untuk studi atau penelitian lanjutan.
Keywords : customer relationship, competitive advantage, product superiority, marketing performance, kualitas hubungan pelanggan, keunggulan bersaing, keunggulan produk, kinerja pemasaran perusahaan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 08 Jun 2022 07:54
Last Modified: 08 Jun 2022 07:54
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10797

Actions (login required)

View Item
View Item