ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN (Studi Objek Wisata Masjid Agung Demak)

MEILENIANDANA, Nafia Dyas and MAS'UD, Fuad,(25 April 2022), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN (Studi Objek Wisata Masjid Agung Demak). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (212kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (183kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (185kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (388kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (338kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu destinasi wisata halal unggulan di Indonesia. Salah satu wisata halal Jawa Tengah yaitu Masjid Agung Demak di Kabupaten Demak Jawa Tengah yang memiliki keunikan dan nilai sejarah yang identik. Banyaknya kunjungan wisatawan di Masjid Agung Demak menjadikan perekonomian Kabupaten Demak meningkat. Meningkatnya kesadaran masyarakat dalam memilih destinasi wisata halal yang menjadi peluang bagi pengelola wisata untuk terus mengembangkan usaha dengan menerapkan prinsip-prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor pengaruh religiusitas, citra destinasi, electronic word of mouth, dan kualitas layanan terhadap keputusan wisatawan pada Objek Wisata Masjid Agung Demak. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS Statictics 25. Responden pada penelitian ini sebanyak 165 wisatawan yang sedang berkunjung ke Masjid Agung Demak dengan menggunakan purposive sampling dimana metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas, citra destinasi, electronic word of mouth, dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada Objek Wisata Masjid Agung Demak baik secara parsial maupun simultan. Variabel kualitas layanan menjadi faktor yang paling kuat dalam penentu keputusan berkunjung wisatawan pada Objek Wisata Masjid Agung Demak. Hal ini dikarenakan pihak Masjid Agung Demak sadar akan pelayanan yang diberikan kepada wisatawan sesuai dengan ajaran Islam dan memenuhi kebutuhan wisatawan dengan kualitas yang terbaik. Keempat variabel penelitian ini memiliki pengaruh yang cukup kuat ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 56%.
Keywords : Halal tourism, religiosity, destination image, electronic word of mouth, service quality, visiting decision, Great Mosque of Demak., pariwisata halal, religiusitas, citra destinasi, electronic word of mouth, kualitas layanan, keputusan berkunjung, Masjid Agung Demak
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Nafia Dyas Meileniandana
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:33
Last Modified: 10 Jun 2022 07:33
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10824

Actions (login required)

View Item
View Item