MEILENIANDANA, Nafia Dyas and MAS'UD, Fuad,(25 April 2022), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN (Studi Objek Wisata Masjid Agung Demak). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (212kB)
Download (212kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (183kB)
Download (183kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (185kB)
Download (185kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (388kB)
Download (388kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (338kB)
Download (338kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu destinasi wisata halal unggulan di
Indonesia. Salah satu wisata halal Jawa Tengah yaitu Masjid Agung Demak di
Kabupaten Demak Jawa Tengah yang memiliki keunikan dan nilai sejarah yang
identik. Banyaknya kunjungan wisatawan di Masjid Agung Demak menjadikan
perekonomian Kabupaten Demak meningkat. Meningkatnya kesadaran masyarakat
dalam memilih destinasi wisata halal yang menjadi peluang bagi pengelola wisata
untuk terus mengembangkan usaha dengan menerapkan prinsip-prinsip syariah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor pengaruh
religiusitas, citra destinasi, electronic word of mouth, dan kualitas layanan terhadap
keputusan wisatawan pada Objek Wisata Masjid Agung Demak. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS
Statictics 25. Responden pada penelitian ini sebanyak 165 wisatawan yang sedang
berkunjung ke Masjid Agung Demak dengan menggunakan purposive sampling
dimana metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas, citra destinasi,
electronic word of mouth, dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada Objek Wisata Masjid Agung
Demak baik secara parsial maupun simultan. Variabel kualitas layanan menjadi
faktor yang paling kuat dalam penentu keputusan berkunjung wisatawan pada
Objek Wisata Masjid Agung Demak. Hal ini dikarenakan pihak Masjid Agung
Demak sadar akan pelayanan yang diberikan kepada wisatawan sesuai dengan
ajaran Islam dan memenuhi kebutuhan wisatawan dengan kualitas yang terbaik.
Keempat variabel penelitian ini memiliki pengaruh yang cukup kuat ditunjukkan
dengan nilai koefisien determinasi sebesar 56%.
Keywords : | Halal tourism, religiosity, destination image, electronic word of mouth, service quality, visiting decision, Great Mosque of Demak., pariwisata halal, religiusitas, citra destinasi, electronic word of mouth, kualitas layanan, keputusan berkunjung, Masjid Agung Demak |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Nafia Dyas Meileniandana |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 07:33 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 07:33 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10824 |