ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIVIDEND PAYOUT RATIO (Studi Pada Perusahaan Yang Listed di BEJ Periode Tahun 2002-2004)

SUGIHARTO, Sugiharto and SABENI, Arifin and ZULAIKHA, Zulaikha,(8 February 2007), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIVIDEND PAYOUT RATIO (Studi Pada Perusahaan Yang Listed di BEJ Periode Tahun 2002-2004). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (14kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (10kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (10kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (231kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Cash Ratio, Debt to Total Asset (DTA), Growth, Size, ROA dan Kepemilikan saham manajemen terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang listed di BEJ periode tahun 2002-2004. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria: (1) perusahaan yang selalu menyajikan laporan keuangan per 31 Desember 2002-2004, dan (2) perusahaan yang secara kontinyu membagikan dividen per 31 Desember 2002-2004. Data diperoleh berdasarkan publikasi Indonesian Capital Market Directory (ICMD 2005). Diperoleh jumlah sampel sebanyak 41 perusahaan dari 330 perusahaan yang terdaftar di BEJ. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi serta uji beda dengan menggunakan variabel dummy. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh variabel Cash ratio, growth, dan ROA secara parsial signifikan terhadap DPR perusahaan di BEJ periode tahun 2002-2004 pada level of significance kurang dari 5% (masing-masing sebesar 0,01%, 2,4% dan 4,6%). Pengaruh variabel Debt to Total Asset (DTA), dan Size menunjukkan hasil yang tidak signifikan terhadap DPR perusahaan di BEJ periode tahun 2002-2004 pada level of significance di atas 5%. Berdasarkan pengujian hipotesis 6 (enam), hasilnya menunjukan bahwa tidak ada beda antara perusahaan yang sahamnya ikut dimiliki oleh manajemen dan perusahaan yang sahamnya tidak dimiliki oleh manajemen dalam memutuskan kebijakan dividen yang diproxy melalui dividend payout ratio (DPR).
Keywords : Cash Ratio, Debt to Total Asset (DTA), Growth, Size, ROA, insider ownership and Dividend Payout Ratio (DPR), Cash Ratio, Debt to Total Asset (DTA), Growth, Size, ROA, Kepemilikan saham manajemen dan Dividend Payout Ratio (DPR)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 10 Jun 2022 08:55
Last Modified: 10 Jun 2022 08:55
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10827

Actions (login required)

View Item
View Item