ANALISIS PENGUNGKAPAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) PT. GAS NEGARA Tbk. TAHUN 2016-2020 BERDASARKAN STANDAR GLOBAL REPORTING INITIATIVE (GRI)

RANTEMARAMPA, Wilkinson Mardika and FAISAL, Faisal,(23 March 2022), ANALISIS PENGUNGKAPAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) PT. GAS NEGARA Tbk. TAHUN 2016-2020 BERDASARKAN STANDAR GLOBAL REPORTING INITIATIVE (GRI). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (219kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (185kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (186kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (233kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (527kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengungkapan Sustainable Development Goals yang tercermin dalam Laporan Berkelanjutan PT Perusahaan Gas Negara Tbk berdasarkan GRI Standards pada periode 2016-2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Content Analysis. Metode content analysis cocok digunakan untuk melihat dan menganalisis tingkat pengungkapan Corporate Social Responsibility perusahaan yang dibandingkan dengan GRI Standards. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan dokumentasi, mengumpulkan data dan informasi yang relevan bersumber dari studi pustaka maupun internet searching guna memperoleh informasi yang dapat berguna untuk melakukan penelitian. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pemeringkatan pada Tabel 3.2 Predikat Pengungkapan Suistainability Reporting pada periode 2016 dikategorikan tidak informatif dengan nilai rata-rata dari olah data sebesar 28%, pada periode 2017 dikategorikan tidak informatif dengan nilai rata-rata dari olah data sebesar 39%, pada periode 2018 juga masih dikategorikan tidak informatif dengan nilai rata-rata dari olah data sebesar 39%. Sedangkan pada periode 2019 dikategorikan kurang informatif dengan nilai rata-rata dari olah data sebesar 52%. Untuk periode 2020 dapat dikategorikan informatif dengan nilai rata-rata dari olah data sebesar 71%. Pada laporan ditemukan ketidaktepatan dibeberapa pengungkapan yang dilaporkan. Diharapkan PT Perusahaan Gas Negara Tbk melaporkan secara lebih lengkap terutama terkait topik spesifik seperti topik ekonomi, lingkungan, dan sosial demi menjadi lebih baik di masa depan.
Keywords : Sustainable Development Goals, Corporate Social Responsibility, GRI Standars., Sustainable Development Goals, Corporate Social Responsibility, GRI Standars.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Wilkinson Mardika Rantemarampa
Date Deposited: 13 Jun 2022 01:36
Last Modified: 13 Jun 2022 01:47
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10829

Actions (login required)

View Item
View Item