ACNES, Clodia and KUSUMAWARDHANI, Amie,(31 January 2019), PENGARUH PRAKTIK MANAJEMEN RANTAI PASOKAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA BISNIS (Studi pada Pemancingan dan Rumah Makan Di Kabupaten Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (48kB)
Download (48kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (34kB)
Download (34kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (35kB)
Download (35kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (235kB)
Download (235kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang pengaruh praktik manajemen rantai pasokan
terhadap keunggulan bersaing dan kinerja bisnis (studi pada usaha pemancingan
dan rumah makan Di Kabupaten Semarang). Peningkatan daya tarik pariwisata
Kabupaten Semarang menyebabkan adanya fenomena jumlah usaha pemancingan
dan rumah makan di Kabupaten Semarang juga meningkat. Hasil wawancara pra�penelitian, permasalahan studi ini adalah terdapat persaingan antar pelaku usaha
pemancingan dan rumah makan di Kabupaten Semarang. Selain itu, usaha
pemancingan dan rumah makan ini mengalami peningkatan kinerja bisnis melalui
omset penjualan, keuntungan, pelanggan hingga aset.
Populasi penelitian ini adalah pelaku usaha pemancingan dan rumah makan
di Kabupaten Semarang dengan jumlah 65 anggota. Penelitian ini menggunakan
metode sensus dan pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan form
kuesioner kepada responden. Selanjutnya, uji Confirmatory Factor Analysis (CFA)
dilakukan sebagai uji validitas dan reliabilitas sedangkan uji pengaruh dilakukan
menggunakan alat analisis Partial Least Square (PLS).
Penelitian ini memberikan kesimpulan. Pertama terdapat pengaruh positif
yang signifikan antara kemitraan pemasok strategis, hubungan pelanggan dan
berbagi informasi terhadap keunggulan bersaing. Kedua, terdapat pengaruh positif
yang signifikan antara kemitraan pemasok strategis, berbagi informasi dan
keunggulan bersaing terhadap kinerja bisnis. Implikasi teori dari penelitian ini
adalah memperkaya teori manajemen rantai pasokan (kemitraan pemasok strategis,
hubungan pelanggan, dan berbagi informasi), keunggulan bersaing dan kinerja
bisnis. Penelitian ini juga memberikan implikasi manajerial yaitu pelaku usaha
pemancingan dan rumah makan mampu meningkatkan keunggulan bersaing dan
kinerja bisnis melalui menjaga hubungan yang baik, kerjasama dan melibatkan
pemasok dalam bisnis pemancingan, saling percaya dan terbuka dalam berbagi
informasi, serta respon dan pelayanan yang baik kepada pelanggan.
Keywords : | business performance, competitive advantage, strategic supplier partnership, customer relationship, information sharing, kinerja bisnis, keunggulan bersaing, kemitraan pemasok strategis, hubungan pelanggan, berbagi informasi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 07:06 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 07:06 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10853 |