SALIM, Andi Agus and GHOZALI, Imam,(August 2015), PERAN KUALITAS AUDIT DALAM MEMEDIASI PENGARUH PENGETAHUAN PROFESIONAL, ETIKA AUDITOR, DAN TEKANAN KLIEN TERHADAP LITIGASI AUDITOR (Studi Empiris Pada Auditor Eksternal di Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (824kB)
Download (824kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (792kB)
Download (792kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (793kB)
Download (793kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (865kB)
Download (865kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (9MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (9MB) | Request a copy
Abstract
Beberapa kasus litigasi atau tuntutan hukum auditor dari pihak yang
merasa dirugikan akibat informasi dengan kualitas audit yang rendah seperti kasus
Arthur Andersen. Berbagai studi menemukan bahwa litigasi auditor sebagai
konsekuensi kualitas audit. Menurut Resource Based View (RBV) Theory,
pengetahuan profesional dan etika auditor sebagai sumber daya inti yang harus
dimiliki oleh seorang auditor. Pengetahuan profesional dan etika auditor sebagai
sumber daya untuk memberikan kualitas audit yang tinggi. Teori disonansi
kognitif menyatakan bahwa sikap dan perilaku auditor merupakan konsekuensi
dari reaksi dari lingkungan audit seperti tekanan klien. Ketika auditor bekerja
dalam kondisi tekanan lingkungan, maka auditor akan bersikap disfungsional dan
menghasilkan kualitas audit yang rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kualitas audit sebagai mediasi
pengaruh pengetahuan profesional, etika auditor, dan tekanan klien terhadap
litigasi auditor dengan menggunakan teori RBV dan teori Disonansi kognitif.
Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner melalui metode
survei kepada auditor yang bekerja di KAP di Indonesia sebanyak 170 responden
yang valid. Pengujian model dengan menggunakan persamaan struktural (SEM)
melalui program AMOS IBM versi 22.
Hasil pengujian model menunjukkan bahwa pengetahuan profesional
dapat meningkatkan kualitas audit, etika auditor dapat meningkatkan kualitas
audit. Tekanan klien dapat menurunkan kualitas audit. Kualitas audit yang tinggi
tidak mempengaruhi penurunan litigasi auditor. Pengetahuan profesional dan etika
auditor tidak mempengaruhi penurunan terjadinya litigasi auditor. Tekanan klien
yang dialami auditor dapat meningkatkan litigasi auditor. Kualitas audit tidak
memediasi pengaruh pengetahuan profesional, etika auditor, dan tekanan klien
terhadap litigasi auditor.
Keywords : | Resource Based View Theory, Theory of Cognitive Dissonance, Professional Knowledge, Auditor Ethics, Client Pressure, Audit Quality and Auditor Litigation, Resource Based View Theory, Teori Disonansi Kognitif, Pengetahuan Profesional, Etika Auditor, Tekanan Klien, Kualitas Audit, dan Litigasi Auditor. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (PhD) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 03:24 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 03:24 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10863 |