ANALISIS PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018 – 2019)

DZAKIYA, Putri and ROHMAN, Abdul,(7 June 2022), ANALISIS PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018 – 2019). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (331kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (307kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (319kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (327kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (341kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh mekanisme corporate governance terhadap struktur modal. Variabel independen dari penelitian ini adalah mekanisme corporate governance yang terdiri dari jumlah dewan komisaris, jumlah direksi, jumlah komite audit, konsentrasi kepemilikan, kepemilikan institusional, dan kepemilikan manajerial. Variabel dependen dari penelitian ini adalah struktur modal. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018 – 2019. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan mengambil sampel berdasarkan kriteria tertentu. Dengan kriteria yang ada, sampel yang layak digunakan sejumlah 178. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan kepemilikan institusional berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal, sedangkan jumlah direksi dan kepemilikan manajerial berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal. Penelitian ini juga menemukan jumlah dewan komisaris, jumlah komite audit, dan konsentrasi kepemilikan tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal.
Keywords : corporate governance mechanism and capital structure., mekanisme corporate governance dan struktur modal.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Putri Dzakiya
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:42
Last Modified: 23 Jun 2022 06:45
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10906

Actions (login required)

View Item
View Item