ULFAH, Goldvina and HIDAYATI, Retno,(29 June 2019), PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN PEMBELAJARAN ORGANISASIONAL TERHADAP KAPABILITAS INOVASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BISNIS (Studi pada UMKM Industri Fashion di kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (57kB)
Download (57kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (33kB)
Download (33kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (33kB)
Download (33kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (103kB)
Download (103kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (388kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (388kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang pengaruh orientasi pasar dan pembelajaran
organisasional terhadap kapabilitas inovasi untuk meningkatkan kinerja bisnis
(studi pada UMKM industri fashion di kota Semarang). Industri Fashion berada
pada lingkup usaha yang dinamis, oleh karena itu kreativitas dan inovasi
dibutuhkan untuk bisa mengikuti pasar yang dinamis. Fashion lokal masih menjadi
anak tiri, pasar memprioritaskan ruangnya untuk produk impor, sehingga fashion
lokal kurang mendapatkan tempat. Di Semarang, UMKM industri fashion
bertambah setiap tahunnya, namun ada pula beberapa yang menutup usahanya.
Berdasarkan hasil pra survei, masih ada pelaku usaha yang mengalami kinerja
kurang baik dikarenakan belum mampu untuk berinovasi.
Sampel dari penelitian ini adalah pelaku bisnis UMKM industri fashion yang
ada di Kota Semarang sejumlah 153 usaha. Penelitian ini menggunakan metode
purposive sampling dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan
form kuesioner kepada para responden dengan ketentuan melakukan produksi
sendiri dan lama usaha lebih dari 1 tahun. Teknik analisis yang digunakan untuk
menganalisis data yang diperoleh adalah dengan teknik Structural Equation
Modeling (SEM) menggunakan aplikasi AMOS.
Dari hasil pengujian hipotesis, terdapat beberapa kesimpulan dalam
penelitian ini. Pertama terdapat pengaruh positif yang signifikan antara orientasi
pasar dan pembelajaran organisasional terhadap kapabilitas inovasi. Kedua,
terdapat pengaruh positif yang signifikan antara orientasi pasar dan kapabilitas
inovasi terhadap kinerja bisnis. Ketiga, terdapat pengaruh negatif signifikan antara
pembelajaran organisasional terhadap kinerja bisnis.
Keywords : | MSME, fashion, business performance, innovation capabilities, organizational learning, market orientation, UMKM, fashion, kinerja bisnis, kapabilitas inovasi, pembelajaran organisasional, orientasi pasar |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 07:35 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 07:35 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10916 |