ANALISIS HUBUNGAN IMPLEMENTASI CSR, KEUNGGULAN BERSAING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA BISNIS (Studi pada UMKM Mitra Binaan PT. Kereta Api Daop 4 di Semarang)

RASMAWAN, Indra Budi and RAHARDJO, Susilo Toto,(31 December 2018), ANALISIS HUBUNGAN IMPLEMENTASI CSR, KEUNGGULAN BERSAING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA BISNIS (Studi pada UMKM Mitra Binaan PT. Kereta Api Daop 4 di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (10kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (160kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (567kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi CSR, pilihan strategi dan keunggulan bersaing produk UMKM terhadap kinerja bisnis. Para pelaku bisnis melakukan aktivitas CSR untuk meningkatkan keunggulan bersaing nya terhadap para pesaingnnya, momentum ini di manfaatkan pula oleh para pelaku usaha UMKM untuk bermitra dengan perusahaan dengan demikian mereka dapat meningkatkan image dimata costumernya dan secara tidak langsung berdampak pada pilihan startegi yang dilakukan agar menciptakan keunggulan bersaing nya. Pada penelitian ini mengambil sample sebanyak 60 responden yang berada di kota semarang dan telah bermitra dengan PT. Kereta Api DAOP 4 Sm selama kurang lebih 2 tahun. Kemudian dari data yang di peroleh pengolahan data yang di lakukan menggunakan software smartPLS dimana analisis jalur nya meliputi analisis outer model, analisis inner model dan pengujian hipotesa. Berdasarkan analisis data yang di lakukan dengan mengunakan program smartPLS menyatakan bahwa semua hipotesis yang di ajukan menunjukkan hasil yang signifikan positif. Pengaruh tidak langsung dari implementasi CSR terhadap kinerja bisnis yang di mediasi oleh keunggulan bersaing juga menunjukan hasil yang baik, dengan demikian dapat di katakan bahwa apabila sebauh perusahaan melakukan kegiatan CSR secara tidak langsung keunggulan bersaing nya akan meninggkat kemudian di ikuti dengan meningkatnya kinerja bisnis nya.
Keywords : CSR, strategy, SmartPLS 3, business performance, CSR, strategi, SmartPLS 3, kinerja bisnis
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:14
Last Modified: 27 Jun 2022 04:14
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10939

Actions (login required)

View Item
View Item