PERMATASARI, Kezia Michelle and RAHARDJO, Susilo Toto,(13 June 2022), PENGARUH ULASAN ONLINE DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL PERANTARA (Studi pada Platform E-Commerce Lazada). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (182kB)
Download (182kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (6kB)
Download (6kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (210kB)
Download (210kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (479kB)
Download (479kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori of reasoned action (TRA) atau
teori tindakan beralasan dan model penelitian empirik untuk menguji pengaruh
ulasan online dan persepsi risiko terhadap minat beli yang dimediasi kepercayaan.
Tujuan dari penggunaan teori tersebut adalah untuk memperkirakan dan memahami
perilaku individu. Pada penelitian ini, kepercayaan berperan sebagai variabel
perantara antara pengaruh ulasan online dan persepsi risiko terhadap minat beli
konsumen dengan kepercayaan.
Penelitian ini dilakukan dengan metode angket/kuesioner terhadap
masyarakat yang berusia antara 18-40 tahun, yang tidak pernah melaksanakan
transaksi di platform Lazada. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian
ini adalah Structural Equation Modelling (SEM), dianalisis secara kolektif pada
hubungan antara variabel dependen, independen dan perantara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ulasan online memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap kepercayaan. Terbukti bahwa ulasan online dapat
membangun kepercayaan konsumen untuk melakukan belanja online. 2) Semakin
banyak ulasan serta terpercaya hasil ulasan online yang dilakukan oleh pembeli lain
dapat meningkatkan minat beli konsumen. 3) Variabel persepsi risiko memberi
pengaruh negatif terhadap variabel kepercayaan. Hasil penelitian membuktikan
bahwa persepsi risiko yang konsumen rasakan akan semakin tinggi, maka
kepercayaan konsumen ketika melakukan transaksi terhadap platform Lazada akan
semakin rendah. 4) Variabel Persepsi Risiko memberi pengaruh signifikan dan
negatif terhadap variabel minat beli. Hasil penelitian yang didapatkan ini
membuktikan bahwa dengan persepsi risiko yang konsumen rasakan tersebut
tinggi, dengan demikian minat beli konsumen ketika melakukan transaksi online
terhadap situs Lazada ini akan rendah. 5) Kepercayaan juga memiliki pengaruh
yang positif serta signifikan terhadap minat beli konsumen. 6) Hasil nilai pada tabel
pengaruh langsung menunjukkan adanya pengaruh secara langsung dan signifikan
variabel ulasan online dan persepsi risiko terhadap minat beli konsumen. Tabel
pengaruh tidak langsung juga menunjukkan adanya peran kepercayaan yang
memediasi variabel ulasan online dan persepsi risiko terhadap minat beli.
Keywords : | Online Reviews, Risk Perception, Buying Interest, Trust, Lazada E-Commerce, Ulasan Online, Persepsi Risiko, Minat Beli, Kepercayaan, E-Commerce Lazada |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Kezia Michelle |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 07:49 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 04:29 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10966 |