PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODERASI HUBUNGAN PENGHINDARAN PAJAK TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2018-2020)

SARI, Nela Mukti and MEIRANTO, Wahyu,(29 June 2022), PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODERASI HUBUNGAN PENGHINDARAN PAJAK TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2018-2020). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (37kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (86kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (86kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (244kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (256kB)
[thumbnail of Fullteks PDF Bookmarks] Text (Fullteks PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bagaimana tata kelola perusahaan dan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai pemoderasi pada praktik penghindaran pajak terhadap nilai perusahaan. Tata kelola perusahaan dan tanggung jawab sosial perusahaan berperan sebagai variabel moderasi yang masing-masing diukur dengan proksi ICG (Index of Corporate Governance) dan GRI Standar (Global Reporting Initiative Standart). Penghindaran pajak yang berperan sebagai variabel independen yang diukur dengan proksi CUETR (Current Effective Tax Rate). Nilai perusahaan berperan sebagai variabel dependen yang diukur dengan menggunakan Tobin’s q. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2018-2020. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh total 228 perusahaan dalam waktu 3 tahun. Pengujian sampel tersebut menggunakan regresi linear berganda dengan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penghindaran pajak berpengaruh terhadap terciptanya nilai perusahaan. Tanggung jawab sosial perusahaan juga memiliki pengaruh pada hubungan antara penghindaran pajak dan nilai perusahaan akan tetapi, untuk tata kelola perusahaan tidak memiliki rpengaruh terhadap hubungan antara penghindaran pajak dan nilai perusahaan.
Keywords : Tax Avoidance, firm value, CSR, GCG, UNSPECIFIED
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Nela Mukti Sari
Date Deposited: 03 Jul 2022 04:59
Last Modified: 03 Jul 2022 04:59
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10989

Actions (login required)

View Item
View Item