HAKIM, Munawir and PERDHANA, Mirwan Surya,(December 2018), STRATEGI OPTIMALISASI KINERJA KEYPOINT (STUDI KASUS DI PLN APD JATENG DAN DIY). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (23kB)
Download (23kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (9kB)
Download (9kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (9kB)
Download (9kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (308kB)
Download (308kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kinerja merupakan parameter yang di gunakan untuk mengukur
kesuksesan suatu perusahaan. Tentunya setiap manajemen menginginkan
pencapaian kinerja yang maksimal dengan berbagai strategi yang di terapkan.
Sehubungan dengan kinerja, penulis melakukan penelitian pada pencapaian
kinerja PT PLN (Persero) Area Pengatur Distribusi Jawa Tengah dan DI
Yogyakarta (PLN APD JTY). Pada pencapaian kinerja PLN APD JTY, terdapat
fenomena gap yang menyebabkan kinerja belum mencapai nilai maksimal. Dari
dua puluh parameter kinerja, ada tiga parameter kinerja yang diamati dan
memiliki kontribusi yang masih kurang terhadap pencapaian kinerja PLN APD
JTY.
Dari data yang diperoleh, ketiga parameter tersebut berhubungan dengan
kinerja Keypoint yang meliputi Efektifitas Keypoint, Integrasi Keypoint, RC
(Remote Control) Keypoint. Data faktor teknis yang mempengaruhi kinerja
Keypoint telah di peroleh, namun belum dapat disimpulkan bahwa penyebab tidak
tercapainya kinerja Keypoint semata-mata karena faktor tersebut, masih
memungkinkan di sebabkan oleh faktor nonteknis, oleh karena itu perlu dilakukan
peneltian secara komprehensip untuk mengetahui faktor-faktor nonteknis yang
dapat menyebabkan kinerja Keypoint tidak tercapai.
Untuk mengetahui faktor-faktor nonteknis yang mempengaruhi kinerja
Keypoint, penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi
kasus yang tidak menutup kemungkinan faktor teknis juga bakal ditemukan saat
dilaksanakan pengumpulan data dalam bentuk Focus Grup Discussion (FGD)
maupun dengan wawancara. Narasumber dalam penelitian ini pegawai dan mitra
kerja di PT PLN APD Jateng & DIY. Metode kualitatif digunakan untuk
mengetahui lebih mendalam hal-hal yang mempengaruhi kinerja Keypoint.
Hasil studi menunjukkan bahwa pencapaian kinerja PT PLN APD JTY
khususnya kinerja Keypoint di pengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor teknis dan
nonteknis. Faktor teknis sehubungan dengan permasalahan internal peralatan
maupun perkembangan fitur teknologi dari peralatan tersebut, adapun faktor
nonteknis berhubungan dengan beban kerja, motivasi kerja, dan beberapa faktor
perilaku organisasi lainnya.
Keywords : | case study, performance, PLN APD, keypoint, organizational behavior, technical and non-technical factors, studi kasus, kinerja, PLN APD, keypoint, perilaku organisasi, faktor teknis dan faktor nonteknis |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 03:10 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 03:10 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11047 |