ANALISIS PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN DENGAN MEDIASI ADOPSI MOBILE MARKETING DAN INOVASI (STUDI PADA UMKM IKAN HIAS AQUASCAPE DI SEMARANG)

NUGROHO, Pratama Agi and SOESANTO, Harry and RAHARDJO, Susilo Toto,(2019), ANALISIS PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN DENGAN MEDIASI ADOPSI MOBILE MARKETING DAN INOVASI (STUDI PADA UMKM IKAN HIAS AQUASCAPE DI SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (10kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (234kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (532kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini akan membahas tentang meningkatkan kinerja pemasaran melalui adopsi mobile marketing dan inovasi sebagai variabel intervening dengan dukungan orientasi kewirausahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus. Responden yang digunakan sebanyak 106 pengusaha ikan hias dan aquascape. Teknik analisis data yang digunakan adalah structural equation model (SEM) melalui program AMOS. Hasil pengujian menggunakan SEM menunjukkan kriteria goodness of fit full model adalah chi-square 115,818 ,cmin/df 1,70 , degree of freedom 99, probability 0.119, GFI 0.0.885, AGFI 0.842, CFI 0.983, TLI 0.979 , RMSEA 0,04. Hasil penelitian menunjukkan dua proses. Proses pertama menyatakan orientasi kewirausahaan memiliki peran dalam meningkatkan inovasi yang berpengaruh secara langsung secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Proses kedua menyatakan orientasi kewirausahaan memiliki peran dalam meningkatkan adopsi mobile marketing yang berpengaruh secara langsung secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.
Keywords : Entrepreneurship Orientation, Adoption Mobile Marketing, Innovation, Marketing Performance, Orientasi Kewirausahaan, Adopsi Mobile Marketing, Inovasi, Kinerja Pemasaran
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:43
Last Modified: 13 Jul 2022 07:43
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11132

Actions (login required)

View Item
View Item