Faktor Penentu Leverage (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia dan Jepang Periode 2010-2016)

MEDIAL, Flodi,(2018), Faktor Penentu Leverage (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia dan Jepang Periode 2010-2016). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (186kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (186kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (326kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi leverage pada perusahaan manufaktur di Indonesia dan Jepang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah arah hubungan faktor penentu leverage dari negara berkembang dan negara maju sama atau terdapat perbedaan. Dalam penelitian ini menggunakan dasar pemikiran teori trade-off dan pecking order. Sampel yang digunakan penelitian ini adalah perusahaan manufaktur di Indonesia dan Jepang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling.Jumlah sampel perusahaan manufaktur di Indonesia yang memenuhi kiriteria sebanyak 71 perusahaan dan jumlah sampel perusahaan manufaktur di Jepang yang memenuhi kriteria sebanyak 1284 perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah regresi data panel Fixed Effect Least Square Dummy Variable. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perusahaan manufaktur di negara Indonesia variabel size berpengaruh positif dan signifikan terhadap long-term debt,total debt, berpengaruh negatif dan signifikan terhadap short-term debt. Varibel profitability berpengaruh negatif dan signifikan terhadap short-term debt, long-term debt, dan total debt. Variabel tangibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap long-term debt. Variabel growth berpengaruh positif dan signifikan terhadap short-term debt. Hasil penelitian pada perusahaan manufaktur di negara Jepang variabel size berpengaruh positif dan signifikan terhadap long-term debt, total debt, berpengaruh negatif dan signifikan terhadap short-term debt. Variabel profitability berpengaruh negatif dan signifikan terhadap short-term debt, long-term debt, dan total debt. Variabel tangibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap short-term debt, long-term debt, dan total debt. Variabel growth berpengaruh positif dan signifikan terhadap short-term debt, long-term debt, dan total debt.
Keywords : leverage, short term debt, long term debt, total debt, size, profitability, tangibility, growth, fixed effect, least squares dummy variable, relationship direction., leverage, short-term debt, long-term debt, total debt, size, profitability, tangibility, growth, fixed effect least square dummy variable, arah hubungan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:06
Last Modified: 15 Jul 2022 07:06
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11148

Actions (login required)

View Item
View Item